Kisah Para Mualaf Australia, Ada yang Dapat Hidayah setelah Datang ke Indonesia
Senin, 10 Juli 2023 - 19:09 WIB
Lincoln Randall membaca syahadat di Masjid Launceston. Ratusan jemaah masjid tersebut menyaksikan kesaksian guru tersebut. Ia telah masuk Islam.
Enam bulan sebelumnya, orang tidak akan percaya dia bakal memilih Islam sebagai jalan hidupnya. Lahir dari keluarga Protestan yang tidak taat, Randall mengatakan bahwa meskipun dia selalu percaya pada Tuhan, kekristenan tidak cocok dengannya.
"Saya pernah ke beberapa gereja Kristen sebelumnya dan itu adalah pertempuran bagi saya. Saya hanya merasa tidak terhubung atau itu masuk akal," katanya sebagaimana dikutip laman ABC.
Saat tinggal di Indonesia 18 tahun lalu ia pertama kali bertemu dengan orang-orang Islam. Terkejut "dengan betapa hangatnya mereka, dan betapa cantiknya mereka", itu mendorongnya untuk mengeksplorasi Islam lebih jauh.
Setelah menjadi muslim, dia merasa diterima secara resmi di masyarakat. "Itu luar biasa. Saya sangat gugup, tapi saya merasakan kehangatan dari setiap orang yang datang dan menyambut saya," kata Randall.
Islam populer bagi orang Barat, tetapi memiliki tantangan tersendiri. Mostafa Seleem, pendiri Masjid Launceston, menyebut dari tahun 2016 hingga 2021, komunitas Muslim Tasmania tumbuh menjadi 2.449 orang, sekarang diperkirakan setidaknya 3.000 orang. Secara nasional, Biro Statistik mencatat Muslim di Australia pada 2021 mencapai 813.392 orang.
Islam adalah agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Ini terjadi karena globalisasi, imigrasi, dan tingkat kelahiran yang lebih tinggi — sebagaimana dicatat oleh Pew Research Center — hal itu masuk akal.
Menariknya, ada juga aliran bertahap orang Barat yang memeluk Islam. Sebuah laporan tahun 2023 oleh Cambridge University Press menemukan minat orang masuk Islam telah meningkat di Barat, dengan 15,8 persen dari 1.034 Muslim Australia yang disurvei yang mengidentifikasi diri pada tahun 2020 sebagai mualaf.
Di Amerika Serikat , laporan Pew Research tahun 2017 menyebut dari 1.001 Muslim yang disurvei menemukan satu dari lima para mualaf itu 57 persen sebelumnya adalah Protestan atau Kristen Ortodoks.
Pew, sementara itu, juga menunjukkan jumlah orang yang keluar dari iman kira-kira sama dengan mereka yang bergabung, menunjukkan bahwa konversi tidak memiliki dampak langsung pada pertumbuhan Islam.
Dr Seleem telah membantu 10 warga Tasmania utara masuk Islam sejak masjidnya dibuka tahun lalu, sembilan dari latar belakang tradisional Barat. Dia mengatakan komunitas masjid setidaknya berjumlah 700 orang.
"Setidaknya setiap tiga atau empat bulan kami memiliki seseorang dengan latar belakang Kaukasia yang tersesat atau sedang mencari jawaban untuk pertanyaan yang sangat mendalam dan spesifik," kata Dr Seleem.
Tapi itu tidak datang tanpa tantangan. Mr Randall mengatakan salah satu anggota baru dari komunitasnya masih beradaptasi dengan praktik-praktik seperti salat lima kali sehari dan puasa Ramadan.
"Salat lima kali sehari mungkin merupakan pekerjaan yang cukup besar bagi seseorang yang berasal dari latar belakang tradisional Barat," katanya.
"Saat ini, hal terpenting adalah mengucapkan Syahadat. Sekarang, ini tentang mencoba menerapkan kehidupan doa ke dalam hidup saya. Tapi itu perjalanan yang lambat."
Dr Seleem berkata sambil berdoa sepanjang hari mungkin terdengar seperti beban bagi sebagian orang, bagi yang lain itu memberikan kesadaran dan hubungan spiritual. "Anda harus melepaskan apa yang ada di pikiran Anda, apa yang menyibukkan Anda," katanya.
“Setiap kali Anda merasa kewalahan dengan pekerjaan atau kehidupan, [doa] mengatur kehidupan, mengatur pekerjaan, mengatur semua yang Anda lakukan."
"Kami berbicara tentang kecerdasan sosial, pekerjaan, dan akademik. Tidak ada yang pernah memberi tahu saya tentang kecerdasan spiritual, dan itulah yang Islam lakukan."
Tren di Australia
Menurut laman ABC, melihat ke seluruh penjuru negeri, mulai dari tutorial hijab hingga program Ramadan dan Idul Fitri, Teresa Rouis mendukung Muslimah baru melalui organisasi nasional Islamic Sciences and Research Academy (ISRA).
Ms Rouis mengatakan 60 perempuan telah bergabung dengan ISRA New South Wales tahun ini untuk dukungan sebagai Muslim baru – sekitar 80 persen dari mereka berasal dari etnis tradisional non-Muslim.
"Kami memiliki orang Yunani, Italia, kami memiliki latar belakang Amerika Selatan, Cina, tetapi mereka orang Australia. Kami memiliki begitu banyak orang khas Australia-Inggris," katanya.
Lahir di Newcastle dari orang tua Italia, kisah Ms Rouis tentang Islam dimulai dengan bertemu orang-orang Muslim di gereja yang menginspirasinya untuk melakukan penelitiannya sendiri.
Bertemu dengan suaminya yang Muslim kemudian juga mendorong keputusannya.
Dan sementara pernikahan sering menjadi pemicu, seperti yang terjadi pada dirinya sekitar 14 tahun yang lalu, Rouis mengatakan bahwa tidak wajib bagi umat Islam untuk menikah dengan umat Islam lainnya.
Dia mengatakan ada banyak alasan untuk pindah agama. Misalnya, dia memperhatikan anak-anak muda yang belajar agama di sekolah menjadi tertarik tentang Islam.
Dia juga percaya banyak orang menemukan pelipur lara dalam stabilitas aturan ketat dan apa yang dia gambarkan sebagai jawaban yang praktis dan jelas untuk pertanyaan besar kehidupan.
"Dunia terus berubah, orang tidak dapat mengikuti tren. Tapi dalam Islam, seperti agama mereka, tidak pernah berubah. Itu hanya menawarkan stabilitas, semacam menghilangkan fokus kita dari materialisme."
Ms Rouis mengatakan ISRA menerima pertanyaan dari seluruh Australia, mayoritas dari kota-kota, namun dia melihat banyak pedesaan, kota kecil Australia juga mempelajari Islam.
"Saya merasa sangat tertarik ketika mendengar kisah seorang Muslim baru lainnya; [Saya berpikir sendiri] bagaimana Anda bisa sampai di sini? Apa perjalanan Anda?"
Dr Seleem mengatakan dia bangga dengan Masjid yang telah membantu menempatkan Muslim baru di komunitas mereka.
"Launceston telah menjadi pusat untuk menangani dan menerima banyak imigran, multikulturalisme, keragaman yang saya sukai dari Australia," katanya sebagaimana dikutip ABC.
Lihat Juga: Duduk Perkara CIA, FBI, dan NYPD Digugat Rp1,5 Triliun atas Pembunuhan Aktivis Muslim Malcolm X
Enam bulan sebelumnya, orang tidak akan percaya dia bakal memilih Islam sebagai jalan hidupnya. Lahir dari keluarga Protestan yang tidak taat, Randall mengatakan bahwa meskipun dia selalu percaya pada Tuhan, kekristenan tidak cocok dengannya.
"Saya pernah ke beberapa gereja Kristen sebelumnya dan itu adalah pertempuran bagi saya. Saya hanya merasa tidak terhubung atau itu masuk akal," katanya sebagaimana dikutip laman ABC.
Saat tinggal di Indonesia 18 tahun lalu ia pertama kali bertemu dengan orang-orang Islam. Terkejut "dengan betapa hangatnya mereka, dan betapa cantiknya mereka", itu mendorongnya untuk mengeksplorasi Islam lebih jauh.
Setelah menjadi muslim, dia merasa diterima secara resmi di masyarakat. "Itu luar biasa. Saya sangat gugup, tapi saya merasakan kehangatan dari setiap orang yang datang dan menyambut saya," kata Randall.
Islam populer bagi orang Barat, tetapi memiliki tantangan tersendiri. Mostafa Seleem, pendiri Masjid Launceston, menyebut dari tahun 2016 hingga 2021, komunitas Muslim Tasmania tumbuh menjadi 2.449 orang, sekarang diperkirakan setidaknya 3.000 orang. Secara nasional, Biro Statistik mencatat Muslim di Australia pada 2021 mencapai 813.392 orang.
Islam adalah agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Ini terjadi karena globalisasi, imigrasi, dan tingkat kelahiran yang lebih tinggi — sebagaimana dicatat oleh Pew Research Center — hal itu masuk akal.
Menariknya, ada juga aliran bertahap orang Barat yang memeluk Islam. Sebuah laporan tahun 2023 oleh Cambridge University Press menemukan minat orang masuk Islam telah meningkat di Barat, dengan 15,8 persen dari 1.034 Muslim Australia yang disurvei yang mengidentifikasi diri pada tahun 2020 sebagai mualaf.
Di Amerika Serikat , laporan Pew Research tahun 2017 menyebut dari 1.001 Muslim yang disurvei menemukan satu dari lima para mualaf itu 57 persen sebelumnya adalah Protestan atau Kristen Ortodoks.
Pew, sementara itu, juga menunjukkan jumlah orang yang keluar dari iman kira-kira sama dengan mereka yang bergabung, menunjukkan bahwa konversi tidak memiliki dampak langsung pada pertumbuhan Islam.
Dr Seleem telah membantu 10 warga Tasmania utara masuk Islam sejak masjidnya dibuka tahun lalu, sembilan dari latar belakang tradisional Barat. Dia mengatakan komunitas masjid setidaknya berjumlah 700 orang.
"Setidaknya setiap tiga atau empat bulan kami memiliki seseorang dengan latar belakang Kaukasia yang tersesat atau sedang mencari jawaban untuk pertanyaan yang sangat mendalam dan spesifik," kata Dr Seleem.
Tapi itu tidak datang tanpa tantangan. Mr Randall mengatakan salah satu anggota baru dari komunitasnya masih beradaptasi dengan praktik-praktik seperti salat lima kali sehari dan puasa Ramadan.
"Salat lima kali sehari mungkin merupakan pekerjaan yang cukup besar bagi seseorang yang berasal dari latar belakang tradisional Barat," katanya.
"Saat ini, hal terpenting adalah mengucapkan Syahadat. Sekarang, ini tentang mencoba menerapkan kehidupan doa ke dalam hidup saya. Tapi itu perjalanan yang lambat."
Dr Seleem berkata sambil berdoa sepanjang hari mungkin terdengar seperti beban bagi sebagian orang, bagi yang lain itu memberikan kesadaran dan hubungan spiritual. "Anda harus melepaskan apa yang ada di pikiran Anda, apa yang menyibukkan Anda," katanya.
“Setiap kali Anda merasa kewalahan dengan pekerjaan atau kehidupan, [doa] mengatur kehidupan, mengatur pekerjaan, mengatur semua yang Anda lakukan."
Baca Juga
"Kami berbicara tentang kecerdasan sosial, pekerjaan, dan akademik. Tidak ada yang pernah memberi tahu saya tentang kecerdasan spiritual, dan itulah yang Islam lakukan."
Tren di Australia
Menurut laman ABC, melihat ke seluruh penjuru negeri, mulai dari tutorial hijab hingga program Ramadan dan Idul Fitri, Teresa Rouis mendukung Muslimah baru melalui organisasi nasional Islamic Sciences and Research Academy (ISRA).
Ms Rouis mengatakan 60 perempuan telah bergabung dengan ISRA New South Wales tahun ini untuk dukungan sebagai Muslim baru – sekitar 80 persen dari mereka berasal dari etnis tradisional non-Muslim.
"Kami memiliki orang Yunani, Italia, kami memiliki latar belakang Amerika Selatan, Cina, tetapi mereka orang Australia. Kami memiliki begitu banyak orang khas Australia-Inggris," katanya.
Lahir di Newcastle dari orang tua Italia, kisah Ms Rouis tentang Islam dimulai dengan bertemu orang-orang Muslim di gereja yang menginspirasinya untuk melakukan penelitiannya sendiri.
Bertemu dengan suaminya yang Muslim kemudian juga mendorong keputusannya.
Dan sementara pernikahan sering menjadi pemicu, seperti yang terjadi pada dirinya sekitar 14 tahun yang lalu, Rouis mengatakan bahwa tidak wajib bagi umat Islam untuk menikah dengan umat Islam lainnya.
Dia mengatakan ada banyak alasan untuk pindah agama. Misalnya, dia memperhatikan anak-anak muda yang belajar agama di sekolah menjadi tertarik tentang Islam.
Dia juga percaya banyak orang menemukan pelipur lara dalam stabilitas aturan ketat dan apa yang dia gambarkan sebagai jawaban yang praktis dan jelas untuk pertanyaan besar kehidupan.
"Dunia terus berubah, orang tidak dapat mengikuti tren. Tapi dalam Islam, seperti agama mereka, tidak pernah berubah. Itu hanya menawarkan stabilitas, semacam menghilangkan fokus kita dari materialisme."
Ms Rouis mengatakan ISRA menerima pertanyaan dari seluruh Australia, mayoritas dari kota-kota, namun dia melihat banyak pedesaan, kota kecil Australia juga mempelajari Islam.
"Saya merasa sangat tertarik ketika mendengar kisah seorang Muslim baru lainnya; [Saya berpikir sendiri] bagaimana Anda bisa sampai di sini? Apa perjalanan Anda?"
Dr Seleem mengatakan dia bangga dengan Masjid yang telah membantu menempatkan Muslim baru di komunitas mereka.
"Launceston telah menjadi pusat untuk menangani dan menerima banyak imigran, multikulturalisme, keragaman yang saya sukai dari Australia," katanya sebagaimana dikutip ABC.
Baca Juga
Lihat Juga: Duduk Perkara CIA, FBI, dan NYPD Digugat Rp1,5 Triliun atas Pembunuhan Aktivis Muslim Malcolm X
(mhy)