Jumlah Ayat Al-Qur'an yang Patut Diketahui Umat Islam

Minggu, 06 Agustus 2023 - 20:54 WIB
Angka 6.666 sebagai jumlah ayat Al-Qur'an cukup populer karena memang mudah dihafal. Sekali dengar, hampir dipastikan langsung ingat dan tidak mudah dilupakan.

Hitungan angka 6.666 ayat ini dapat ditemukan dalam beberapa keterangan. Aantara lain dalam Nihayatuz-Zain fi Irsyadil-Mubtadi'in (DKI Lebanon, cet ke-1/36) karya Syekh Nawawi al-Bantani (wafat 1316 H/1897 M) dan At-Tafsir al-Munir fil-'Aqidah wasy-Syari'ah wal-Manhaj, (Dar al-Fikr 2003, jilid 1/45) karya Wahbah az-Zuhaily dalam kitabnya.

Pastinya, hitungan 6.666 ayat tersebut tidak dimaksudkan menunjuk pada urutan jumlah ayat Al-Qur'an. Sebab, jumlah ayat Al-Qur'an merujuk pada 7 pendapat di atas. Dalam keterangan Syaikh Nawawi dan Syaikh Wahbah diketahui bahwa jumlah 6.666 ayat itu dimaksudkan untuk menunjuk kandungan ayat Al-Qur'an.

Demikian sekilas ulasan tentang jumlah ayat Al-Qur'an. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Follow
cover top ayah
هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ‌ ‌ۚ قَالَ رَبِّ هَبۡ لِىۡ مِنۡ لَّدُنۡكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً‌ ‌ ۚ اِنَّكَ سَمِيۡعُ الدُّعَآءِ
Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.

(QS. Ali 'Imran Ayat 38)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More