Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan

Minggu, 27 Agustus 2023 - 17:44 WIB
Bacaan Surat Yasin dan Tahlil ini biasanya diamalkan kaum muslim untuk mendoakan jenazah yang wafat dan ahli kubur. Foto/ist
Bacaan Surat Yasin dan Tahlil lengkap bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia adalah amalan yang dianjurkan karena bertabur pahala dan keutamaan.

Surat Yasin dan Tahlil biasanya diamalkan kalangan muslim untuk mendoakan jenazah yang wafat dan ahli kubur. Juga lazim dibaca saat ziarah ke makam orang tua, para wali dan orang-orang saleh, acara haul atau acara selamatan lainnya.

Membaca Surat Yasin dan Tahlil merupakan bagian dari zikir dan amal saleh. Apalagi yang dibaca berasal dari Al-Qur'an dan kalimat dzikir yang biasa dibaca Nabi dan para Sahabat. Umumnya, pembacaan tahlil dilakukan pada hari pertama sampai ke-7, 15 hari, 40 hari, 100 hari, dan 1.000 hari.

Keutamaan Membaca Surat Yasin

Keutamaan membaca Yasin disebutkan dalam Hadis berikut: Al-Hafiz Abu Ya'la berkata, Ishaq bin Abi Isra'il meriwayatkan kepada kami, Hajjaj bin Muhammad meriwayatkan kepada kami, dari Hisyam bin Ziyad, dari al-Hasan, ia berkata, 'Saya mendengar Abu Hurairah berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda: "Siapa yang membaca Surat Yasin pada suatu malam, maka pada pagi harinya ia diampuni. Dan siapa yang membaca Surat Ha Mim yang di dalamnya ada ad-Dukhan, maka pada pagi harinya ia diampuni." Imam Ibnu Katsir memberikan komentar: جيد إسناد [Sanad Jayyid] artinya baik.



Rasulullah ﷺ juga bersabda: "Bacakanlah Surat Yasin kepada orang yang sudah mati di antara kamu." (Diriwayatkan oleh Abu Daud, an-Nasa'i dalam al-Yaum wa al-Lailah, Ibnu Majah dari Abdullah bin al-Mubarak.

Keutamaan Tahlil

Tahlil adalah kalimat Laa ilaha illallah (لا إله إلا الله) yang merupakan zikir paling afdhol (utama). Salah satu keutamaannya diterangkan dalam Hadis dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu 'anhu, Rasulullah ﷺ bersabda: "Musa berkata, 'Ya Robb, ajarkanlah aku satu kalimat yang dengannya aku berdzikir kepada-Mu dan berdoa. Allah berfirman: 'Katakanlah wahai Musa, "Laa ilaaha illallaah". Lalu Musa berkata: 'Ya Robb, semua hamba-Mu mengucapkannya.' Abu Bakar as-Shiddiq berkata: "Hendaklah kamu membaca "La ilaha illallah dan istighfar." Bacalah keduanya berulang kali, maka sesungguhnya Iblis berkata, "Aku membinasakan manusia dengan perbuatan dosanya, dan mereka membinasakanku dengan membaca 'La ilaha illallah' dan istighfar, maka ketika aku mengetahui yang demikian, mereka aku hancurkan dengan hawa nafsunya, mereka mengira mendapat petunjuk." (Riwayat Abu Ya'la)

Berikut Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Lengkap:

1. Membaca Surat Yasin

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ


a'uudzubillaahi minasy Syaithoonir rojiim.

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk."

يس (1) وَالْقُرْآنِ الْحَكِيمِ (2) إِنَّكَ لَمِنَ الْمُرْسَلِينَ (3) عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ (4) تَنزيلَ الْعَزِيزِ الرَّحِيمِ (5) لِتُنْذِرَ قَوْمًا مَا أُنْذِرَ آبَاؤُهُمْ فَهُمْ غَافِلُونَ (6) لَقَدْ حَقَّ الْقَوْلُ عَلَى أَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ (7)


Yaa Siiiin. Wal Qur-anul hakiiim. Innaka laminal mursaliin. 'Alaa Shiraatim Mustaqiim. Tanziilal 'Aziizir Rahiim. Litundzira qawmam maaa undzira aabaaa'uhum fahum ghaafiluun. Laqad haqqal qawlu 'alaaa aktsarihim fahum laa yu'minuun.

Artinya: "Yasin. Demi Al-Qur'an yang penuh hikmah, sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul (yang berada) di atas jalan yang lurus, (sebagai wahyu) yang diturunkan oleh Yang Mahaperkasa lagi Maha Penyayang, agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang bapak-bapak mereka belum pernah diberi peringatan, karena itu mereka lalai. Sesungguhnya telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka, karena mereka tidak beriman...." (Surat Yasin Ayat 1-7)

Bacaan Lengkap Ayat 1-83 bisa membuka link ini: Surat Yasin Lengkap .

2. Pengantar Surat Al-Fatihah

اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وصَحْبِهِ شَيْءٌ لِلهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdurrahman bin 'Auf radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:  Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta bersungguh-sungguh menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan benar-benar taat pada suaminya.  Maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.

(HR. Ahmad 1:191)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More