Tadabbur Al-Baqarah Ayat 2: Keistimewaan Al-Qur'an Tidak Ada Keraguan Padanya

Rabu, 27 September 2023 - 21:31 WIB
Kebenaran Kitab Al-Quran tidak diragukan lagi karena ia wahyu yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril. Foto/ist
Tadabbur ayat kali ini mengulas tentang kebenaran Kitab Al-Qur'an dalam Surat Al-Baqarah ayat 2. Surat Al-Baqarah disebut dengan Fusthaatul-Quran (puncak Al-Qur'an) karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surat lain. Dinamai juga Surat Alif-Laam-Miim karena surat ini dimulai dengan Alif-Laam-Miim.

Setelah mengawali surat ini dengan Alif-Laam-Miim, Allah Ta'ala langsung menegaskan bahwa Al-Qur'an merupakan kitab yang sempurna dan tidak ada keraguan padanya. Al-Qur'an merupakan kitab suci terakhir yang diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad ﷺ melalui perantara Malaikat Jibril. Al-Qur'an menjadi penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya.

Mari kita simak firman Allah dalam Surat Al-Baqarah ayat 2 berikut:

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ ھُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَ


Dzaalikal Kitaabu laa raibafiih; Hudal lilmuttaqiin.



Artinya: "Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa." (QS Al-Baqarah Ayat 2)

Dalam tafsir ringkas Kemenag dijelaskan, bahwa Al-Qur'an adalah kitab yang sempurna dan penuh keagungan. Tidak ada keraguan padanya tentang kebenaran apa-apa yang terkandung di dalamnya, dan orang-orang yang berakal sehat tidak akan dihinggapi keraguan bahwa Al-Qur'an berasal dari Allah karena sangat jelas kebenarannya.

Al-Qur'an juga menjadi petunjuk sempurna bagi mereka yang bertakwa, yaitu mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya agar terhindar dari siksa Allah. Meski petunjuk Al-Qur'an diperuntukkan bagi seluruh umat manusia, hanya orang-orang bertakwa saja yang siap dan mampu mengambil manfaat darinya.

Ayat ini menerangkan bahwa Al-Qur'an tidak dapat diragukan, karena ia wahyu yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad ﷺ. Dalam ayat lain dijelaskan: "Dan sungguh (Al-Qur'an) ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan seluruh alam, yang dibawa oleh ar-Ruh al-Amin (Jibril)." (QS asy-Syu'ara': 192-193)

Disebut Al-Kitab (wahyu) sebagai isyarat bahwa Al-Qur'an harus ditulis. Karena itu Nabi Muhammad memerintahkan para sahabat menulis ayat-ayat Al-Qur'an agar mudah dipelajari oleh umat manusia.

Sastrawan Arab Takjub dengan Isi Al-Qur'an

Dikisahkan dalam tafsiralquran, suatu ketika para pemuka Quraisy sepakat untuk mengutus Abul ‎Walid, sastrawan Arab yang tiada tanding untuk ‎menghadap Nabi Muhammad ﷺ, dengan tujuan agar beliau meninggalkan ‎dakwah menyeru ajaran Islam, dengan kompensasi diberi kedudukan, harta ‎dan apa saja yang diinginkannya.‎

Setelah menyimak penuturan Abul Walid, Rasulullah ﷺ kemudian ‎membacakan Surat Fushshilat dari awal hingga akhir. Abul Walid takjub penuh ‎kagum mendengar ayat-ayat yang dibacakan Rasulullah ﷺ tersebut. Ia ‎termenung beberapa saat menghayati keindahan gaya bahasa serta susunan ‎kalimat Al-Qur'an itu.

Kemudian ia kembali ke kaumnya tanpa sepatah ‎kata pun ia ucapkan kepada Rasulullah ﷺ. Setibanya di tengah kaumnya, Abul Walid menyampaikan keterpesonaannya terhadap ayat-ayat Al-Qur'an. Dia ‎katakan kepada kaumnya bahwa Al-Qur'an bukanlah Syair, bukan pula mantra-‎mantra sihir. Ia bagaikan pohon yang rindang, akarnya menghunjam kuat ‎ke tanah.

Gaya bahasanya sangat indah, susunan kalimatnya sangat ‎memukau. Ia bukan kata-kata manusia, dan tidak mungkin ditandingi oleh ‎syair mana pun.‎ Demikianlah seorang sastrawan ternama di zaman Al-Qur'an ‎turun pun mengakui kehebatan Al-Qur'an. Ia sama sekali tidak meragukannya, karena memang tidak ada keraguan padanya.

Adalah Abdul Halim Mahmud, mantan Syeikh Al-Azhar menegaskan, ‎‎"Para orientalis yang dari waktu ke waktu berusaha menunjukkan kelemahan Al-Qur'an, tidak mampu mendapat celah sedikit pun untuk meragukan Al-‎Qur'an."‎

Al-Qur'an sampai kapan pun, hingga Kiamat tiba akan selalu terjaga sebagaiman janji Allah Ta'ala. Siapa pun yang meragukannya akan tumbang. ‎Siapa pun yang mengingkarinya akan binasa.

Wallahu A'lam

Baca Juga: 40 Hadis Keutamaan Al-Qur'an (3)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Hadits of The Day
Dari 'Urwah bahwa Aisyah telah mengabarkan kepadanya bahwa dalam shalatnya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sering berdoa: ALLAHUMMA INNI 'AUUDZUBIKA MIN 'ADZAABIL QABRI WA A'UUDZUBIKA MIN FITNATIL MASIIHID DAJJAL WA A'UUDZUBIKA MIN FITNATIL MAHYA WAL MAMAATI, ALLAHUMMA INNI A'UUDZUBIKA MINAL MA'TSMI WAL MAGHRAMI (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung dari fitnah Dajjal, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian, ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan lilitan hutang). Maka seseorang bertanya kepada beliau, Alangkah seringnya anda memohon perlindungan diri dari lilitan hutang. Beliau bersabda: Sesungguhnya apabila seseorang sudah sering berhutang, maka dia akan berbicara dan berbohong, dan apabila berjanji, maka dia akan mengingkari.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 746)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More