Inilah Urutan 10 Tanda Kiamat Besar Menurut Syaikh Imran Hosein

Rabu, 04 Oktober 2023 - 14:31 WIB
Syaikh Imran Nazar Hosein menyebut 10 tanda-tandanya sebagaimana disebutkan Rasulullah SAW dalam Hadis yang sahih. Foto/RHS
Setelah mengetahui beberapa tanda-tanda kecil Kiamat, kita beralih kepada tanda-tanda besar Hari Kiamat yang akan terjadi di akhir zaman.

Cendekiawan muslim asal Trinidad dan Tobago, Syaikh Imran Nazar Hosein menyebut 10 tanda-tandanya sebagaimana disebutkan Rasulullah ﷺ dalam Hadis yang sahih. Syaikh Imran mencoba menjelaskannya berikut urutannya dalam Buku "Tanda-tanda Hari Akhir pada Zaman Modern."

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Artinya: "Dari Hudzaifah bin Asid Al-Ghifari berkata, Rasulullah ﷺ menghampiri kami saat kami sedang berkumpul (dalam sebuah diskusi). Beliau bertanya: 'Apa yang kalian bicarakan?' Kami menjawab: 'Kami membicarakan Kiamat.' Lalu Beliau bersabda: "Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat 10 tanda-tanda sebelumnya." Beliu menyebut: Asap, Dajjal, Binatang (ad-Dabbah), Terbitnya matahari dari barat, Turunnya Isa putra Maryam, Ya'juj dan Ma'juj, gempa bumi di tiga tempat; satu di timur, satu di barat dan satu di jazirah Arab, yang pada akhirnya api muncul dari Yaman dan menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka." (Sahih Muslim)

Inilah 10 Tanda besar Kiamat seperti yang dinubuwahkan Nabi Muhammad ﷺ:



1. Dajjal, Al-Masih palsu atau Anti-Kristus.

2. Ya'juj dan Ma'juj.

3. Kabut Asap.

4. Binatang buas di bumi atau tanah (kemungkinan besar Tanah Suci).

5. Matahari terbit dari Barat.

6. Gempa bumi di tiga tempat:

- Satu di timur

- Satu di barat

- Satu di Arab.

7. Api akan menyala dari Yaman dan mendorong orang-orang

ke tempat pertemuan mereka (untuk penghakiman).

8. Turunnya Isa Putra Maryam.

"Meskipun tanda-tanda ini tidak diberikan oleh Nabi ﷺ yang diberkahi dalam urutan kronologis waktu kejadiannya, saya telah berusaha untuk menempatkannya dalam urutan itu, dengan tanda-tanda yang belum muncul di bagian bawah daftar," kata Syaikh Imran.

Bagaimana saya sampai pada susunan di atas? Kita tahu dari Nubuwah Nabi yang diberkahi bahwa tenggelamnya bumi yang ketiga akan terjadi di Arab, akan menelan pasukan yang menuju ke selatan menuju Makkah. Tentara itu akan menyerang Imam Al-Mahdi (keturunan Nabi Muhammad). Telah dinubuwahkan bahwa dia akan merestorasi Kekhalifahan Islam (atau model negara Islam) di Jazirah Arab.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
اَلَمۡ تَكُنۡ اٰيٰتِىۡ تُتۡلٰى عَلَيۡكُمۡ فَكُنۡتُمۡ بِهَا تُكَذِّبُوۡنَ‏
Bukankah ayat-ayat-Ku telah dibacakan kepadamu, tetapi kamu selalu mendustakannya?

(QS. Al-Mu'minun Ayat 105)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More