Mengenal Ghouta, Lokasi Benteng Umat Islam di Perang Akhir Zaman

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 07:30 WIB
loading...
Mengenal Ghouta, Lokasi...
Ghouta merupakan wilayah pedesaan di barat daya Suriah yang mengelilingi kota Damaskus di sepanjang tepi timur dan selatannya. Namanya sendiri diambil dari istilah bahasa Arab ghuta yang artinya taman. Foto youtube
A A A
Mendengar Ghouta , sebagian orang mungkin masih tampak asing. Nama tersebut mengacu pada sebuah wilayah di Suriah yang dipercaya bakal menjadi lokasi dari benteng umat Islam di perang akhir zaman .

Perang akhir zaman menjadi salah satu tanda dekatnya kedatangan hari kiamat . Pertempuran tersebut kelak akan melibatkan orang-orang Muslim yang beriman melawan musuh-musuh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Berkaitan dengan itu, ada salah satu tempat yang disebut-sebut bakal menjadi benteng pasukan Muslim nantinya. Bernama Ghouta, lokasinya di Damaskus, Suriah.

Ghouta Benteng Umat Islam di Perang Akhir Zaman

Ghouta merupakan wilayah pedesaan di barat daya Suriah yang mengelilingi kota Damaskus di sepanjang tepi timur dan selatannya. Namanya sendiri diambil dari istilah bahasa Arab “ghuta” yang artinya 'taman'.

Sekilas, Ghouta adalah oasis yang terbentuk oleh Sungai Barada yang mengalir di sebelah timur Gunung Qasioun dan tujuh anak sungainya. Oasis itu juga mengelilingi kota Damaskus.

Secara historis, Ghouta juga disebutkan sebagai daerah subur. Hal ini karena keberadaan lahan pertanian dan kebun yang luas di sana.

Terlepas dari itu, Ghouta punya ikatan kuat dengan kaum muslimin di akhir zaman. Hal ini didasarkan pada sebuah hadis yang menyebut wilayah itu sebagai pusat kekuatan benteng pasukan Muslim di pertempuran menjelang kiamat.

Dari Abu Darda’ Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Saw pernah bersabda:

إن فسطاط المسلمين يوم الملحمة بالغوطة إلى جانب مدينة يقال لها: دمشق، من خير مدائن الشام


Artinya: “Sesungguhnya benteng kaum muslimin saat perang (akhir zaman) adalah di Ghouta, sebelah kota yang disebut sebagai Damaskus. Tempat itu adalah salah satu tempat terbaik wilayah Syam.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud. Dishahihkan dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 3097).

Kemungkinan tersebut diperkuat dengan hadis lain yang menyebutkan bahwa A'maq dan Dabiq kelak akan menjadi tempat berlangsungnya peperangan akhir zaman. Pada momen itu, nantinya pasukan muslim akan bertempur melawan Romawi.

Diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu. Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

"Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga bangsa Romawi turun ke medan perang di suatu tempat bernama A'maq atau Dabiq, sehingga ada sekelompok pasukan dari Madinah yang keluar menghadapi mereka. Mereka adalah sebaik-baik penduduk bumi ketika itu”.

Nah, A'maq dan Dabiq itu diketahui berlokasi di Damaskus, ibu kota Suriah. Nama tersebut kini muncul dalam majalah online bernama "Dabiq" dan outlet berita bernama "Amaq News Agency" yang banyak membahas tentang jihadis.

Demikian ulasan mengenai Ghouta, lokasi benteng umat Islam di perang akhir zaman.

Baca Juga: Pertempuran di Ghouta Semakin Sengit
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)