Nabi Idola Kaum Yahudi Ini Memang Fenomenal dalam Al-Quran

Kamis, 02 November 2023 - 10:28 WIB
Di dalam Islam, dari 124.000 orang nabi dan 313 rasul, Nabi Musa as termasuk Nabi yang sangat fenomenal. Ilustrasi: Ist
Nabi Musa as adalah nabi yang paling banyak diidolakan kaum Yahudi . Di dalam Islam, dari 124.000 orang nabi dan 313 rasul, Nabi Musa as termasuk Nabi yang sangat fenomenal.

"Setidaknya ada empat indikasi yang membenarkan hal tersebut. Salah satunya, di dalam al-Qur’an , hampir dari awal sampai akhir, kisah Nabi Musa ada dan bertebaran dalam banyak surat," tulis M Faizol dalam artikelnya berjudul "Interpretasi Kisah Nabi Musa Perspektif Naratologi Al Qur'an" yang dilansir Jurnal Islamica (Maret 2017)..Menurutnya, para sarjana tafsir menghitung, Nabi Musa disebut 136 kali di dalam al-Qur’an.



Hal ini berbeda dengan kisah Nabi Yusuf . Kisah Nabi Yusuf memang detail, tetapi tidak bertebaran di banyak tempat di dalam al-Qur’an. Sedangkan kisah Nabi Musa, tidak terlalu detail, tapi bertebaran di banyak tempat di dalam al-Qur’an.

Detailnya kisah Nabi Yusuf di dalam al-Qur‘an istimewa terjadi pada Nabi Yusuf saja. Nabi-nabi yang lain tidak ada yang dikisahkan secara detail oleh al-Qur’an. Setidaknya, Kisah Nabi Musa dalam al-Quran terdapat dalam 30 (tiga puluh) surat.



"Dari 30 surat ini, dapat dibagi dua kategori: menyebutkan kisah dengan lengkap dan penyebutan sepintas," tulis Syukron Affani dalam artikelnya berjudul "Rekonstruksi Kisah Nabi Musa dalam al-Quran: Studi Perbandingan dengan Perjanjian Lama" yang dilansir Jurnal Al-Ihkam (Juni 2021).

Surat yang menyebutkan sepintas Kisah Nabi Musa ini sebagai berikut: Surat al-Baqarah , Ali Imran , al-Maidah , Yunus , Ibrahim, al-Isra, al-Hajj, al-Mukminun, al-Furqan, alNaml, al-Ankabut, al- Mukmin, al-Dukhkhan, al-Shaff, serta alNaziat. Sedangkan surat yang lebih detail mengisahkan Nabi Musa adalah QS al-A’raf, al-Kahfi, Thaha, as-Syu’ara’, juga al-Qashash.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
cover top ayah
مَنۡ كَانَ يُرِيۡدُ الۡحَيٰوةَ الدُّنۡيَا وَ زِيۡنَتَهَا نُوَفِّ اِلَيۡهِمۡ اَعۡمَالَهُمۡ فِيۡهَا وَهُمۡ فِيۡهَا لَا يُبۡخَسُوۡنَ‏ (١٥) اُولٰٓٮِٕكَ الَّذِيۡنَ لَـيۡسَ لَهُمۡ فِىۡ الۡاٰخِرَةِ اِلَّا النَّارُ‌ ‌ۖ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوۡا فِيۡهَا وَبٰطِلٌ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (١٦)
Barangsiapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, pasti Kami berikan (balasan) penuh atas pekerjaan mereka di dunia (dengan sempurna) dan mereka di dunia tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh (sesuatu) di akhirat kecuali neraka, dan sia-sialah di sana apa yang telah mereka usahakan (di dunia) dan terhapuslah apa yang telah mereka kerjakan.

(QS. Hud Ayat 15-16)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More