Inilah Nama-nama Kiamat yang Tercantum dalam Al Qur'an

Senin, 29 Januari 2024 - 13:30 WIB
Al-Quran menerangkan hari kiamat ini memiliki nama-nama tersendiri yang namanya juga mempunyai makna masing-masing, seperti hari pembangkitan, hari pembalasan, atau hari perhitungan. Foto ilustrasi/ist
Sebagai umat Islam, kita menyakini dan percaya pada hari kiamat . Hal tersebut sama pentingnya dengan percaya pada kita-kitab Allah. Dan ternyata, hari kiamat ini memiliki nama-nama tersendiri yang namanya juga mempunyai makna masing-masing, seperti hari pembangkitan, hari pembalasan, atau hari perhitungan.

Dikutip dari kitab 'Al-Qiyamatul Qubro (القيامة الكبرى) yang ditulis oleh Prof. Dr. ‘Umar Sulaiman bin ‘Abdullah Al-Asyqar, dijelaskan bahwa hari kiamat ini memiliki 22 nama lain, serta semua nama ini tercantum dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala, yakni Al Qur'an.

22 Nama Hari Kiamat

1.Yaumul qiyamah (يوم القيامة),

2.Yaumul akhir (اليوم الآخر),

3. As-Sa’ah (الساعة),



4. Yaumul ba’ts (يوم البعث),

5.Yaumul Khuruj (يوم الخروج),

6. Al-Qari’ah (القارعة),

7.Yaumul Fashl (يوم الفصل),

8.Yaumuddin (يوم الدين),

9.Ash-Shakhah (الصاخة),

10. Thamatul Kubra (الطامة الكبرى),

11. Yaumul Hasyrah (يوم الحسرة),

12. Al-Ghasyiyah (الغاشية),

13. Yamaul khulud (يوم الخلود),

14. Yaumul hisab (يوم الحساب),

15. Al-Waqi’ah (الواقعة),

16.Yaumul wa’id (يوم الوعيد),

17. Yaumul azifah (يوم الآزفة),
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya dia berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah mendengar seseorang mengucapkan: Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwasanya Engkau adalah Allah Yang Maha Esa, yang bergantung pada-Nya segala sesuatu, yang tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan-Nya. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sungguh dia telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya yang Agung, yang apabila diminta dengan menyebut-Nya, pasti akan diberi dan apabila berdoa dengan menyebut-Nya pasti akan dikabulkan.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3847)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More