Rangkaian Peristiwa yang Terjadi Menjelang Tibanya Hari Kiamat

Jum'at, 02 Februari 2024 - 10:46 WIB
Allah Taala hanya memberitahukan tanda-tandanya melalui lisan Nabi shallallahu alaihi wa sallam agar menjadi iktibar bagi manusia untuk menyiapkan bekal takwa. Sebelum kiamat tiba, ada tanda-tanda dan rentetan peristiwa menjelang kedatangannya. Foto ilust
Datangnya hari kiamat harus diimani kaum muslim, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an dan Hadis Nabi. Beriman kepada Hari Kiamat atau hari akhir merupakan rukun iman yang ke-5.

Dalam kaidah syariat, Kiamat terbagi menjadi dua yaitu kiamat kecil (sughra) dan kiamat besar (Al-kubra). Kiamat kecil di antaranya sakit, kematian, bencana gempa bumi, gunung meletus, banjir, kecelakaan, dan lainnya). Sedangkan kiamat besar yaitu hancurnya alam semesta yang diikuti peristiwa-peristiwa sampai menuju alam akhirat.

Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin, Ulama fiqih dan ilmu tafsir, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) mengatakan, di Akhirat nanti orang miskin yang beriman akan masuk surga 500 tahun lebih dahulu daripada orang kaya. Adapun 1 hari di akhirat sama dengan 1.000 tahun di dunia. Betapa beruntungnya golongan manusia yang masuk surga tanpa hisab/pengadilan akhirat.

Dahsyatnya hari Kiamat sampai-sampai manusia tidak bisa membayangkan peristiwa yang akan terjadi kelak. Mengenai kapan terjadi kiamat besar ini hanya Allah Ta'ala saja yang mengetahuinya. DIA merahasiakan waktunya agar manusia senantiasa menyiapkan diri untuk beramal saleh.

Allah Ta'ala hanya memberitahukan tanda-tandanya melalui lisan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam agar menjadi iktibar bagi manusia untuk menyiapkan bekal takwa. Berikut tanda dan rentetan peristiwa menjelang hari Kiamat dikutip dari berbagai sumber.



Tanda-tanda Menjelang Kiamat Besar dan Peristiwa Setelahnya

Nabi Muhammad shallahu 'alaihi wa sallam dilahirkan

1. Islam ditegakkan di Makkah.

2. Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.

3. Periode dakwah Rasullulah SAW.

4. Peperangan Rasullulah SAW menentang kaum musyrikin.

Kebangkitan Khalifah

1. Wafatnya Rasullullah shalllallahu 'alaihi wa sallam.

2. Khalifah Islam memimpin pemerintahan di muka bumi (Othmaniah, Andalusia, Jazirah Arab, India, Nusantara)

Kejatuhan Khalifah

1. Kebangkitan Revolusi di seluruh dunia.

2. Perang Dunia 1 dan 2.

3. Kebangkitan pengaruh dan agenda Dajjal.

3. Umat Islam terpecah-belah.

4. Agama Islam dan agama lain perlahan rusak dengan munculnya berbagai paham.

5. Peristiwa gempa bumi meningkat.

6. Umat Islam mengikut telunjuk Yahudi Nasrani hingga ke lubang biawak.

7. Perzinaan kian leluasa.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdullah, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Sesungguhnya Islam muncul pertama kali dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing pula, maka beruntunglah orang-orang yang terasing.  Abdullah berkata, Dikatakan, Siapakah orang-orang yang terasing itu?  beliau menjawab: Orang-orang yang memisahkan diri dari kabilah-kabilah (yang sesat).

(HR. Ibnu Majah No. 3978)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More