Profil Menteri Haji Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah, Bermula sebagai Akademisi

Selasa, 21 Mei 2024 - 05:15 WIB
Menteri Haji Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah. Foto: Antara
Profil Menteri Haji Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah lumayan cemerlang. Nama lengkapnya Tawfiq bin Fauzan Al-Rabiah. Pada Oktober 2022, ia mulai menjabat sebagai Menteri Haji dan Umrah . Sebelumnya, Tawfiq Al-Rabiah menjabat sebagai Menteri Kesehatan Arab Saudi (2026-2021). Beliau juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Perindustrian (2011-2016).

Al Rabiah lahir di Riyadh, Arab Saudi, pada tanggal 26 Oktober 1965. Pada tahun 1986, beliau lulus dengan gelar sarjana dari College of Business di King Saud University (KSU). Ia belajar di Universitas Pittsburgh, di mana ia memperoleh gelar master di bidang Ilmu Informasi pada tahun 1990, gelar master di bidang ilmu komputer pada tahun 1995, dan Ph.D. di bidang Ilmu Komputer pada tahun 1999.



Sebelum menjabat sebagai menteri, Al Rabiah tercatat bekerja sebagai asisten profesor di Universitas King Saud antara tahun 1999 dan 2002.

Dari tahun 2002 hingga 2007, ia menjabat sebagai direktur jenderal Otoritas Investasi Umum Arab Saudi. Pada tahun 2007, menjadi direktur jenderal Otoritas Saudi untuk Kota Industri dan Zona Teknologi (MODON).

Al Rabiah menjadi anggota Dewan Menteri di Arab Saudi ketika ia diangkat menjadi Menteri Perdagangan dan Industri pada tahun 2011. Selama masa jabatannya, ia menjadi anggota dewan di sejumlah dewan ekonomi tambahan, termasuk Anggota Dewan Perminyakan & Mineral Tertinggi, anggota dewan direksi Dana Investasi Umum, dan Anggota Komite Umum Dewan Menteri.

Dia bertugas di ketiganya antara tahun 2011 dan 2015. Al Rabiah menikah dengan Maha Muhammad Alsayari. Mereka memiliki lima anak.

(mhy)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
قَالَتۡ يٰۤاَيُّهَا الۡمَلَؤُا اِنِّىۡۤ اُلۡقِىَ اِلَىَّ كِتٰبٌ كَرِيۡمٌ (٢٩) اِنَّهٗ مِنۡ سُلَيۡمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِۙ (٣٠) اَلَّا تَعۡلُوۡا عَلَىَّ وَاۡتُوۡنِىۡ مُسۡلِمِيۡنَ (٣١)
Dia (Balqis) berkata, Wahai para pembesar! Sesungguhnya telah disampaikan kepadaku sebuah surat yang mulia. Sesungguhnya surat itu dari Sulaiman yang isinya, Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, janganlah engkau berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.

(QS. An-Naml Ayat 29-31)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More