Mengapa Surat Al Humazah Diturunkan? Ini Asal-usulnya

Jum'at, 26 Juli 2024 - 10:28 WIB
Surat Al Humazah diturunkan sesudah surat Al Qiyaamah. Dinamai Al Humazah (pengumpat) karena diambil dari perkataan Humazah yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Foto ilustrasi/ist
Surat Al Humazah merupakan surat ke-104 dalam kitab suci Al-Qur’an. Surat ini terdiri atas 9 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyah.

Surat Al Humazah diturunkan sesudah surat Al Qiyaamah. Dinamai Al Humazah (pengumpat) karena diambil dari perkataan “Humazah” yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Melalui surat ini, Allah SWT memberi peringatan kepada para pencela dan pengumpat. Berikut firman-Nya dalam Surat Al-Humazah ayat 1-9:

وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ (1) الَّذِي جَمَعَ مَالًا وَعَدَّدَهُ (2) يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ (3) كَلَّا لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ (4) وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ (5) نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ (6) الَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الْأَفْئِدَةِ (7) إِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُؤْصَدَةٌ (8) فِي عَمَدٍ مُمَدَّدَةٍ (9


Terjemahan: "Celakalah bagi setiap pengumpat lagi pencela. Yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya. Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam (neraka) Hutamah. Dan tahukan kamu apakah Hutamah itu? (Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan. Yang (membakar) sampai ke hati. Sungguh api itu ditutup rapat atas mereka. (Sedangkan mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang." (QS Al-Humazah ayat 1-9)

Mengapa Surat Al Humazah Diturunkan?

Saat bertanya mengenai alasan surat Al Humazah diturunkan, kita bisa menelusurinya dari asbabun nuzul (sebab turunnya) surat ini. Melihat namanya saja (Humazah/Pengumpat) sebenarnya sudah ada sedikit bocoran tentang asbabun nuzulnya.

Sebagaimana diterangkan Imam As-Suyuthi dalam buku “Asbabun Nuzul Sebab-sebab Turunnya Ayat Alquran”, asbabun nuzul Surat Al Humazah memiliki hubungan dengan perilaku Umayyah bin Khalaf.

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Utsman dan Ibnu Umar. Keduanya berkata "Tidak henti-hentinya kami mendengar ayat, "Celakalah bagi setiap pengumpat lagi pencela (Surat Al Humazah Ayat 1)" yang berkenaan dengan Umayyah bin Khalaf.

Ibnul Mundzir meriwayatkan dari Ibnu Ishaq. Ia berkata: Dahulu ketika Umayyah bin Khalaf melihat Rasulullah Saw, maka ia langsung mencela dan mengumpat beliau.

Maka setelahnya, Allah SWT menurunkan ayat "Celakalah bagi setiap pengumpat lagi pencela" hingga seluruh surat (Al Humazah).

Sebagai informasi, Umayyah bin Khallaf ini merupakan salah satu pemimpin Quraisy yang terkenal. Berkecukupan harta dari orang tuanya, ia menjadi sosok yang kikir dan sombong ketika beranjak dewasa.

Saat Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah Swt, Umayyah menjadi salah satu nama selalu membenci dan menghalanginya. Setiap kali bertemu Rasulullah SAW, ia selalu mencaci dan mengumpat beliau hingga akhirnya terbunuh saat perang Badar.

Jadi, terjawab sudah pertanyaan mengenai “Mengapa surat Al Humazah diturunkan?”. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam
(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِکُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَۙ
Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

(QS. Al-Baqarah Ayat 183)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More