Apa Itu Hizbullah? Partai Bersenjata Lebanon yang Pernah Taklukkan Israel

Selasa, 24 September 2024 - 16:44 WIB
Pasukan Hizbullah yang merupakan partai politik dengan kekuatan militer yang kuat dan didirikan di Lebanon. Foto istimewa
Hizbullah , menjadi kelompok yang hangat dibicarakan saat ini di kawasan Timur Tengah . Awal mula dari peristiwa ledakan pager yang menewaskan 11 orang serta melukai 4.000 orang di Lebanon, hingga aksi serang balik Hizbullah menembakkan ratusan rudal sebagai tanda “Perang Terbuka” kepada Israel.

Menjadi sebuah pertanyaan apa itu Hizbullah dan bagaimana suatu partai politik dapat menggiring suatu negara untuk berkonflik dengan negara lain.

Sejarah Hizbullah

Hizbullah atau partai tuhan secara bahasa adalah suatu kelompok partai yang didirikan di Bekaa Valley, Lebanon pada tahun 1982 hingga seterusnya. Partai tersebut berdiri dengan bantuan Iran dimana mayoritas anggota partai Hizbullah terdiri dari muslim shia. Hizbullah didirikan oleh Sayyid Muhammad Husayn Fadlallah diama pada saat itu beliau dikeluarkan dari kampus Najaf, Iran sebagai bagian dari tindakan keras terhadap aktivisme Syiah.

Ranah politik Hizbullah dengan militer mereka saling terikat erat sejak awal pendirian Hizbullah hingga saat ini. Ditambahkan sejak perang saudara Lebanon (1975-1990), Hizbullah menjadi kelompok yang masih mempertahankan persenjataan mereka. Oleh karena itu, Hizbullah sendiri memiliki pengaruh kuat terhadap keputusan dan kondisi Lebanon saat ini.

Tujuan Didirikan Hizbullah

Hizbullah sendiri didirikan bukan hanya sebagai partai politik yang dapat menggiring rakyat Lebanon untuk kepentingan mereka. Melainkan sebagai alat untuk menanggulangi kedudukan Israel yang mengancam Lebanon Selatan. Hizbullah pun membuat suatu manifesto yang dirilis secara publik

Manifesto mereka menjelaskan beberapa objektif dari kelompok partai mereka di antara lain ; mengusir Amerika, Perancis, dan sekutu lainnya dari lebanon. Menyerahkan Phalange kepada pihak yang berwenang dan biarkan mereka semua diadili atas kejahatan mereka terhadap Muslim dan Kristen. Terakhir memberikan kesempatan kepada semua putra mereka untuk menentukan masa depan mereka dan dengan bebas memilih bentuk pemerintahan yang mereka inginkan dimana mereka mendesak semua orang untuk memilih opsi pemerintahan Islam.

Perang antara Hizbullah - Israel (1985 - 2000)

Awal mula peperangan antara hizbullah dengan Israel mundur dari Sidon sejak 16 Februari 1985 dimana kota tersebut diberikan kepada militer Lebanon. Sejak peristiwa tersebut Israel melakukan retaliasi dengan operasi Iron Fist dimana mereka menyerbu kota Zrariyah membunuh 40 orang. Dalam kurun waktu 2 bulan, Israel mundur dari kota asal Hizbullah, Bekaa Valley tetapi menempati zona keamanan mereka di Lebanon Selatan.

Sejak mundurnya Israel ke dalam zona keamanan di Lebanon Selatan, Hizbullah mengeluarkan surat terbuka dimana mereka menjelaskan bahwa Israel dan Amerika adalah penindas dan bagaimana penggunaan kekerasan terhadap musuh islam dibolehkan. hal ini membuka peluang kedua pihak untuk berperang hingga pada tanggal 27 Juli 1989 pemimpin Lebanon Selatan, Sheikh Abdel Karim Obeid di culik oleh IDF. Hizbullah merespon dengan menyatakan pengeksekusian Colonel Higgins. Dari aksi tersebut kedua pihak Israel dengan Hizbullah diberikan sanksi atas penyanderaan tersebut.

Konflik di antara kedua pihak terus berlanjut hingga pada tahun 2000 dimana operasi yang dijalankan Hizbullah semakin meningkat yang mengakibatkan penindasan konstan terhadap pos militer Israel di Lebanon Selatan. Pada tanggal 24 Mei, Israel mengundurkan diri yang mengakibatkan runtuhnya militer Lebanon Selatan serta kemajuan pasukan Hizbullah ke area Lebanon Selatan.

Perbedaannya dengan Hamas

Berbeda dengan Hamas, Hizbullah sendiri adalah partai politik dengan kekuatan militer yang didirikan di Lebanon. Melainkan Hamas yaitu grup palestina yang didirikan di Gaza pada tahun 1987 setelah awalan Israel menduduki secara paksa wilayah Palestina. Walaupun kedua Hamas dan Hizbullah adalah entitas yang berbeda, kedua entitas memiliki tujuan yang sama yaitu melakukan perlawanan bersenjata terhadap Israel.(MG/ Raffirabbani Panatamahdi Adizaputra)

Baca juga: Ini Sejarah Perang Berdarah Israel vs Hizbullah dari Masa ke Masa
(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Qais bin Sa'ad bin 'Ubadah, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Maukah aku tunjukkan kepadamu sesuatu yang dapat mengantarkanmu menuju pintu-pintu surga?  Jawabku; Tentu.  Beliau bersabda: LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLA BILLAH (Tidak ada daya dan upaya kecuali milik Allah).

(HR. Tirmidzi No. 3505)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More