Syahidnya Yahya Sinwar dan Kesalahan Strategis Militer Israel

Rabu, 23 Oktober 2024 - 16:58 WIB
loading...
Syahidnya Yahya Sinwar...
Yahya Sinwar (Tengah). Foto: MEE
A A A
KINI setelah debu mengendap, menyusul keterkejutan awal atas tewasnya pemimpin Hamas Yahya Sinwar saat bertempur, menjadi jelas bahwa Israel telah mengabadikan pemimpin perlawanan Palestina tersebut.

Sementara Israel dan Barat, beserta perangkat media mereka, merayakan pembunuhan pemimpin Hamas yang karismatik, mereka juga berusaha menyajikannya sebagai kemenangan taktis.

Presiden AS Joe Biden bahkan melangkah lebih jauh dalam pernyataannya tentang masalah ini dengan memberikan pukulan lain terhadap pemerintahannya dan narasi propaganda resmi Israel, dengan mengatakan :

“Tak lama setelah pembantaian 7 Oktober, saya memerintahkan personel Operasi Khusus dan profesional intelijen kami untuk bekerja sama dengan rekan-rekan mereka di Israel guna membantu menemukan dan melacak Sinwar dan para pemimpin Hamas lainnya yang bersembunyi di Gaza .”



Robert Inlakesh dalam tulisannya berjudul "Yahya Sinwar’s final moments and defiant end show Israel’s strategic military blunders" yang dilansir Press TV menyebut dengan membagi informasi ini, presiden AS yang akan lengser tersebut tidak hanya mengakui keterlibatan langsung dalam perang genosida Israel di Gaza tetapi juga mengungkap kegagalan Washington dan Tel Aviv untuk menemukan Sinwar selama satu tahun.

Jurnalis, penulis, dan analis politik yang pernah tinggal dan melaporkan dari Tepi Barat yang diduduki ini mengatakan bagaimanapun, Sinwar tidak ditemukan. Militer Israel tidak tahu bahwa mereka telah membunuhnya sampai setelah mereka memeriksa tubuhnya. Sinwar melawan sampai akhir hayatnya dan tewas dalam pertempuran.

"Inilah yang sebenarnya menyebabkan kegagalan menghasilkan narasi propaganda apa pun terkait kematiannya," tulis Robert Inlakesh.

Seperti yang terjadi selama serangan genosida di Jalur Gaza, tentara Israel konsisten berperilaku tidak terkendali.

Arsip paling lengkap mengenai tentara Israel yang berperilaku seperti itu, sambil memfilmkan pelanggaran mereka sendiri terhadap hukum internasional, telah disusun oleh reporter Palestina Younis Tirawi, yang menjadi contoh perilaku berkelanjutan dari tentara penjajah.

Demikian pula, pasukan darat Israel segera membocorkan video dan foto Sinwar secara daring, sembari menyampaikan cerita tentang bagaimana peristiwa itu terungkap kepada media Israel seperti Haaretz.



Video dan foto yang dipublikasikan mengungkap bahwa pemimpin Hamas tewas mengenakan rompi militer taktis dan AK-47. Dari laporan media berbahasa Ibrani, kita juga mengetahui bahwa Sinwar sempat bentrok dengan tentara Israel sebelum tembakan tank diarahkan ke gedung tempat ia bertugas.

Kita juga tahu bahwa pemimpin Palestina melemparkan granat ke pasukan Israel, melukai seorang prajurit, sebelum separuh lengan kanannya dan jari-jari tangan kirinya meledak.

Kemudian, tentara Israel, dalam upaya untuk menyombongkan diri, merilis rekaman pesawat tak berawak yang menangkap saat-saat terakhir Sinwar dan menampilkan dia melemparkan tongkat ke UAV yang merekamnya, dalam tindakan perlawanan terakhir.

Menurut Robert Inlakesh, meskipun perilaku tentara Israel di lapangan jelas-jelas tidak profesional, sebenarnya militer Israel-lah yang melakukan kegagalan naratif terbesar dengan merilis video tersebut.

Apa yang berhasil mereka lakukan adalah mengukuhkan kematian Sinwar sebagai salah satu kematian paling heroik dalam sejarah peperangan dari sudut pandang sebagian besar planet ini.

Ia menjelma menjadi seorang 'Che Guevara' Muslim, yang berani bahkan saat mati.



Kemenangan Terakhir
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)