Kisah Harun Al-Rasyid Pamer Kemegahan Istana Abbasiyah kepada Raja Konstantin VII

Senin, 07 Oktober 2024 - 17:52 WIB
Kemajuan ekonomi juga dipergunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan intelektual sekaligus. Ilustrasi: Ist
Harun al-Rasyid menjadi Khalifah pada Dinasti Abbasiyah pada tahun 786-809 M atau 170-194 H. Dia memerintah selama 23 tahun. Dengan naiknya Harun menduduki jabatan Khalifah, maka Daulah Abbasiyah memasuki era baru yang sangat gemilang. Kota Baghdad menjadi kota termegah di dunia.

Baghdad dijadikan sebagai kota intelektual, maha guru masyarakat Islam, pusat perkembangan ilmu pengetahuan yang diminati oleh para ulama dari berbagai penjuru dunia.

Syamruddin Nasution dalam bukunya berjudul "Sejarah Peradaban Islam" (Yayasan Pusaka Riau, 2013) memaparkan kota ini memancarkan sinar kebudayaan dan peradaban Islam ke seluruh penjuru dunia.

Gambar kemegahan kota Baghdad dapat dilihat ketika khalifah Harun menerima duta Raja Konstantin VII untuk membicarakan soal tawaran-tawaran perang.



Pengawal khalifah terdiri dari 16.000 orang pasukan berjalan kaki dan berkuda, 7.000 orang pelayan, kurang lebih seratus ekor Singa dan 700 orang pegawai istana.

Di dalam istana terdapat 38.000 buah tirai, di antaranya 12.000 bersadur benang emas, dan permadani sebanyak 22.000 helai.

Juga dalam istana terdapat sebatang pohon yang dibuat dari emas dan perak seberat 500.000 gram.

Di atas cabangnya bertengger berbagai burung yang dibuat dari bahan emas yang juga dapat bernyanyi secara otomatis.

Syamruddin Nasution mengatakan melihat kemegahan itu, menunjukkan bahwa perekonomian Daulah Abbasiyah pada saat itu berkembang pesat. Harun al-Rasyid menjadikan kota Baghdad sebagai kota perdagangan.

Juga sebagai kota terindah dan termegah. Hal itu dapat dilihat dari pembangunan sarana-prasarana yang serba lux untuk ukuran saat itu.



Pada sisi lain khalifah Harun selalu berusaha dengan gigih memperjuangkan kesejahteraan rakyatnya. Dia berkeliling ke sana-kemari menelusuri daerah kekuasaannya untuk mengetahui keadaan rakyat yang sebenarnya.

Mereka diberi pelayanan yang semestinya, sehingga melalui kemajuan ekonomi, rakyatnya pun merasakan kesejahteraan sebagaimana mestinya.

Pusat Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Kemajuan ekonomi Daulah Abbasiyah yang pesat tidak saja berpengaruh besar terhadap pembangunan untuk memperindah kota Baghdad, tetapi juga dipergunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan intelektual sekaligus.

Dapat lebih ditegaskan kemegahan kota Baghdad dan kemewahan hidup di istana merupakan sumber inspirasi tersendiri yang merangsang berkembangnya ilmu pengetahuan dan intelektual di tangan para ilmuwan.

Seni tari dan seni suara di tangan penari-penari dan penyanyi-penyanyi terkenal pada masa itu. Juga berkembang seni sajak di tangan penyair-penyair yang sangat masyhur dalam kesusastraan Islam.

Istana Harun al-Rasyid yang megah dijadikannya sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dalam berbagai cabang ilmu. Di situ berkumpul para ilmuwan dan orang-orang terpelajar dari berbagai penjuru dunia.

Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Yang pertama kali yang dihisab (dihitung) dari perbuatan seorang hamba pada hari Kiamat adalah shalatnya. Jika sempurna ia beruntung dan jika tidak sempurna, maka Allah Azza wa Jalla berfirman, Lihatlah apakah hamba-Ku mempunyai amalan shalat sunnah? Bila didapati ia memiliki amalan shalat sunnah, maka Dia berfirman Lengkapilah shalat wajibnya yang kurang dengan shalat sunnahnya

(HR. Nasa'i No. 463)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More