Ketika Media Massa Terlibat dalam Genosida yang Dilakukan Israel

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 14:10 WIB
Giora Eiland mengakui bahwa taktik Israel di Gaza telah gagal.. Foto: Mondoweiss
KEBRUTALAN Israel di Jalur Gaza dan Lebanon terus terjadi saban hari karena salah satunya media massa mendiamkan hal itu atau malah terlibat.

David Hearst dalam artikelnya berjudul "An ever expanding Israel will pave the way for its demise" menyebut Sky News awalnya menggambarkan para prajurit yang tewas dalam serangan roket Hizbullah di pangkalan militer sebagai "korban remaja" dalam tajuk berita yang sama yang merujuk pada 23 orang yang tewas di sekolah yang diserang Israel dalam jumlah saja.

"BBC secara rutin merujuk pada jumlah korban tewas warga sipil seperti yang diklaim oleh Hamas , bahkan tidak oleh otoritas kesehatan yang dijalankan Hamas," ujar salah satu pendiri dan pemimpin redaksi Middle East Eye ini.

Dengan cara yang sama, katanya, editor Timur Tengah BBC Jeremy Bowen mewawancarai mantan jenderal angkatan darat, Giora Eiland.



Eiland mengakui bahwa taktik Israel di Gaza telah gagal. Ia mencatat bahwa setiap kali mereka membersihkan wilayah dari pejuang Hamas dan mundur, Hamas muncul kembali.

Namun, Eiland bukanlah seorang yang suka berpihak.

Solusinya bukanlah bernegosiasi. Solusinya adalah memaksa 400.000 penduduk di Gaza utara keluar dengan memberi mereka pilihan untuk kelaparan atau mati. Menurut Eiland, ini adalah satu-satunya cara untuk mencapai tujuan perang Israel.

Rencana ini telah mendapat dukungan luas di angkatan darat, Knesset, dan media. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa ia sedang mempelajarinya.

Eiland dalam wawancara dengan BBC itu, dengan kenetralan yang disengaja, seolah-olah rencananya adalah pandangan yang sah.

Bowen tidak menyarankan, merujuk, atau melaporkan fakta bahwa ada dua kasus pengadilan besar yang sedang berlangsung tentang kejahatan perang dan genosida di dua pengadilan tertinggi keadilan internasional, yang mana rencana Eiland menjadi bukti utamanya.



Mungkin Bowen menganggap kasus-kasus ini tidak relevan atau bahwa Konvensi Jenewa dan Genosida sudah tidak berlaku lagi.

Eiland sendiri mencurahkan energi dan waktu untuk mengklaim bahwa semua yang ia sarankan adalah sah, tetapi Bowen sebagai reporter tidak menantangnya atau berusaha memverifikasi klaimnya.

Apakah mereka akan melaporkan pembantaian Sabra dan Shatila dengan cara ini? Hal yang persis sama sedang terjadi sekarang di kamp pengungsi Jabalia.

Mungkin penyiar layanan publik kita tidak menganggap tugas layanan publik mereka mengharuskan mereka untuk merujuk dalam laporan mereka sejumlah besar, beberapa orang mungkin mengatakan sangat banyak, opini hukum internasional yang sekarang ada tentang subjek ini.

Baik BBC maupun Sky News secara rutin mengaburkan perbedaan antara kombatan bersenjata dan warga sipil tak bersenjata, yang merupakan tujuan Israel.

(mhy)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَلَا تَكُوۡنُوۡا كَالَّذِيۡنَ تَفَرَّقُوۡا وَاخۡتَلَفُوۡا مِنۡۢ بَعۡدِ مَا جَآءَهُمُ الۡبَيِّنٰتُ‌ؕ وَاُولٰٓٮِٕكَ لَهُمۡ عَذَابٌ عَظِيۡمٌۙ
Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang bercerai berai dan berselisih setelah sampai kepada mereka keterangan yang jelas. Dan Mereka itulah orang-orang yang mendapat azab yang berat,

(QS. Ali 'Imran Ayat 105)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More