10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga, Siapa Mereka?

Selasa, 22 September 2020 - 21:17 WIB
8. Sa'ad Bin Abi Waqqas

Sayyidina Sa'ad Bin Abi Waqqas radhiyallahu 'anhu adalah paman Rasulullah dari pihak ibu. Beliau lahir dan besar di Makkah dan dikenal sebagai pemuda yang memiliki pemikiran cerdas. Sa'ad bin Abi Waqqash termasuk salah satu sahabat yang memiliki umur panjang. Beliau hidup di era Rasulullah, Khalifah Abu Bakar, Khalifah Umar bin Khattab, dan Khalifah Utsman bin Affan. Pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan, Sa'ad pernah ditugaskan memimpin delegasi ke Cina. Beliau juga pernah memimpin pasukan Islam ketika berperang melawan Persia di Qadissyah, perang besar dalam sejarah Islam. Beliau wafat dalam usia 70 (ada yang meriwayatkan 82 tahun) dan dikuburkan di Baqi'.

9. Sa'id Bin Zaid

Sayyidina Sa'id Bin Zaid radhiyallahu 'anhu dijuluki sebagai Abu al-'Awar. Said bin Zaid menikah dengan adik Sayyidina Umar bin Khatab, yaitu Fatimah binti al-Khattab. Beliau seorang sahabat Nabi yang awal masuk Islam. Semasa hidupnya, beliau ikut serta dalam semua peperangan bersama Rasulullah . Bahkan ketika pengepungan Damaskus juga perang Yarmuk bergejolak, beliau ikut ambil bagian di dalamnya. Beliau wafat 51 H (671) dalam usia 70 tahun dan dimakamkan di Baqi'.

10. Abu 'Ubaidah Bin Al-Jarrah

Sayyidina Abu Ubaidah bin al-Jarrah radhiyallahu 'anhu, sahabat yang termasuk paling awal memeluk Islam. Beliau ikut berhijrah ke Habasyah (saat ini Ethiopia) dan kemudian hijrah ke Madinah. Beliau mengikuti setiap pertempuran dalam membela Islam. Setelah terpilihnya Abu Bakar sebagai Khalifah, beliau ditunjuk sebagai panglima perang melawan Kekaisaran Romawi. Beliau wafat disebabkan oleh wabah tha'un dan dimakamkan di Deir Alla, Yordania pada tahun 18 H dan hingga saat ini sering diziarahi oleh kaum muslimin. (Baca Juga: Sahabat Penghuni Surga Ini Kerap Dipuji Rasulullah, Ternyata Ini Amalannya)

Demikian profil singkat 10 Sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Semoga kita dapat meneladani mereka dan termasuk golongan umat Rasulullah yang masuk surga. Aamiin... [Baca Juga: Sahabat Bertanya Seperti Apakah Surga? Ini Kata Rasulullah SAW (1)]
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat isya' dan shalat subuh.  Sekiranya mereka mengetahui pahala yang ada pada keduanya, pasti mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 789)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More