4 Pertanyaan di Padang Mahsyar, Mari Siapkan Bekal

Jum'at, 25 Desember 2020 - 16:46 WIB
3. Harta

Diriwayatkan Imam at-Tirmidzi, Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda, "Bagi tiap-tiap umat itu fitnah dan sesungguhnya fitnah umatku adalah harta". Harta sering menipu manusia. Banyak yang menganggap hartanya berharga dan kekal, padahal harta tidak dibawa mati. Sejatinya, harta yang dimiliki manusia adalah pemberian Allah dan mereka yang memanfaatkannya di jalan Allah tentu akan selamat. Namun, mereka yang membelanjakan hartanya di jalan bathil dan mendapatkannya dengan cara yang tidak halal akan ditanya oleh Allah pada hari Kiamat.

4. Ilmu

Allah Ta'ala berfirman dalam Surah Az-Zumar ayat 9: "Apakah sama orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu?" Tentang ilmu yang ia miliki, Allah kelak akan bertanya apa yang dilakukannya dengan ilmunya. Beruntunglah seseorang yang dikaruniai ilmu oleh Allah. Namun, jika tidak diamalkan dan tidak diajarkan kepada orang lain kelak akan ditanya oleh Allah Ta'ala. Ilmu yang dipelajari oleh umat Islam hendaklah diamalkan dan digunakan untuk kemaslahatan umat.

Demikian Hadis 4 pertanyaan di Padang Mahsyar yang kelak akan dipertanggungjawabkan setiap manusia. Mudah-mudahan Allah memberi taufik-Nya dan menyelamatkan kita pada hari yang sulit itu. Aamiin.

(Baca Juga: Pertanyaan Pertama kepada Suami dan Istri di Hari Kiamat)

Wallahu A'lam
(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Abdullah bin Busr, seorang badui bertanya: Wahai Rasulullah, siapa orang terbaik itu? Rasulullah shallallahu 'alahi wa salam menjawab: Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya.

(HR. Tirmidzi No. 2251)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More