Na'udzubillah, Gelar Timur Lank dari Nashruddin

Selasa, 09 Februari 2021 - 06:40 WIB
Ilustrasi/Ist
Berikut Canda Ala Sufi dinukil dari terjemahan Muhdor Assegaf dari karya Nashruddin dengan judul asli Nawadhir Juha al-Kubra.



Baca juga
: Canda Ala Sufi: Ketika Nashruddin Minta Petani Menanam Dirinya


Na'udzubillah

Suatu ketika, Taimurlank bertanya pada Nashruddin, "Wahai Nashruddin, engkau tahu bahwa seluruh pemimpin dinasti Abbasiyyah memiliki gelar berbeda-beda, seperti al-Muwaffiq billah, al-Mutawakkil 'alallah, alMu'tashim billah dan Iain-lain. Seandainya aku menjadi salah seorang di antara mereka, gelar apakah yang cocok untukku?"



Nashruddin menjawab dengan tangkas, "Paduka mulia dan agung, gelar yang cocok untuk Anda adalah Na'udzubillah?

Mungkin Dia Keluar

Suatu saat, cincin Nashruddin hilang di rumahnya. Dia telah mencarinya namun tidak mendapatkannya. Lalu, Nashruddin keluar dan mencarinya di depan pintu.

Melihat Nashruddin sedang mencari sesuatu, salah seorang tetangga bertanya padanya, "Apa yang sedang kau lakukan?"

Nashruddin menjawab, "Cincinku hilang di dalam rumah..."

Dia pun bertanya kembali, "Mengapa engkau tidak mencarinya di dalam rumah saja?"

Nashruddin menjawab,"Di dalam sangat gelap, mungkin saja dia keluar..."

Ambilkan Denda darinya, Aku Tergesa-gesa

Suatu hari, Nashruddin berjalan-jalan di pasar. Tiba-tiba, datanglah seorang pria yang memukulnya dengan keras dari belakang.

Nashruddin menoleh dan berkata padanya, "Ada apa?"

Pria itu minta maaf padanya dan berkata, "Wahai tuan, saya kira Anda salah seorang teman saya."

Nashruddin marah, lalu dia membawanya ke pengadilan agar masalahnya dapat diselesaikan. Secara kebetulan, hakim itu adalah salah seorang teman pria tersebut, sehingga dia memberinya keputusan-cukup agar Nashruddin membalasnya dengan pukulan yang sama. '

Namun, Nashruddin tidak rela dengan keputusan

tersebut. Hakim itu berkata pada Nashruddin, "Kalau engkau tidak rela dengan keputusan ini, maka aku akan menjatuhkan denda padanya agar dia memberikan uang untukmu sebanyak sepuluh girisy?
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Umar bin Al Khaththab, Nabi shallallahu 'alaihi wa salam bersabda:  Maukah kalian aku beritahu pemimpin kalian yang terbaik dan pemimpin kalian yang terburuk?  Pemimpin yang terbaik adalah mereka yang kalian cintai, dan mereka mencintai kalian, kalian mendoakan kebaikan kepada mereka, dan mereka pun mendoakan kebaikan kepada kalian,  Sedangkan pemimpin kalian yang terburuk adalah mereka yang kalian benci, dan merekapun membenci kalian, kalian melaknat mereka, dan mereka pun melaknat kalian.

(HR. Tirmidzi No. 2190)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More