Jika Waktu Sholat Tiba, Tinggalkanlah Urusan Dunia!

Rabu, 07 April 2021 - 16:25 WIB
Sholat adalah amalan yang pertama kali dihisab pada hari Kiamat. Foto/Ist
Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu/wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. Demikian firman Allah dalam Surah An-Nisa' Ayat 103. Jika waktu sholat tiba maka tinggalkanlah urusan dunia.

Diriwayatkan bahwa siapa yang memelihara sholat fardhu 5 waktu dan menyempurnakannya, maka sholatnya akan datang dalam keadaan putih berseri-seri. Ia (sholat) berkata: "Semoga Allah memeliharamu sebagaimana engkau memeliharaku."



Dalam Kitab An-Nashoihud Diniyah karya ulama besar Yaman Al-Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad (wafat 1132 H/1712 Masehi) disebutkan, orang yang tidak menyempurnakan sholat, maka sholatnya keluar dalam keadaan hitam kelam. Ia (sholat) akan berkata: "Semoga Allah menyia-nyiakanmu sebagaimana engkau menyia-nyiakanku."

Kemudian sholat itu dilipat seperti baju usang yang dilipat, lalu dipukulkan ke wajahnya. Dalam hadits disebutkan: 'Sesungguhnya sholat itu merupakan ketenangan, sikap tunduk dan sikap khusyu'.



Ketika Rasulullah صلى الله عليه وسلم melihat seorang lelaki yang sedang sholat mempermainkan jenggotnya, beliau berkata: "Andaikata hati orang ini khusyu' niscaya anggota-anggota tubuhnya juga khusyu'.

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

"Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar." (QS. Al-'Ankabuut: 45)

Di ayat lain, Allah berfirman:

Allah Ta’ala berfirman,

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

"Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'." (QS. Al-Baqarah: 45)

Semoga Allah memberi kita hidayah dan petunjuk dan menjadikan kita golongan orang-orang yang khusyu' dalam sholat. Aamiin.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Hadits of The Day
Dari Abu Qatadah dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: Tidak ada sikap lalai ketika tidur, akan tetapi kelalaian itu hanya ada ketika terjaga, yaitu mengakhirkan shalat hingga datang waktu shalat yang lain.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 373)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More