Amalan yang Dapat Menggugurkan Dosa Seperti Daun Berguguran

Rabu, 31 Maret 2021 - 17:08 WIB
loading...
Amalan yang Dapat Menggugurkan Dosa Seperti Daun Berguguran
Ilustrasi muazin ketika mengumandangkan seruan Adzan. Foto/Ist
A A A
Dari banyak amalan yang disyariatkan oleh Allah Ta'ala, ada satu amalan yang fadhillahnya luar biasa. Semua kaum muslimin sudah tidak asing dengan ibadah yang satu ini, tetapi tak sedikit yang meremehkannya.

Inilah amalan yang menggugurkan dosa-dosa. Rasulullah صلى الله عليه وسلم langsung mengabarkannya lewat sabdanya. Siapa yang melaksanakan ibadah ini niscaya dosa-dosanya akan berguguran. Amalan apakah itu?

Dari Abu Dzar radhiyallahu 'anhu, sesungguhnya Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah keluar dari rumahnya ketika musim dingin dan daun-daun berguguran. Beliau mengambil setangkai ranting pohon, sehingga daun-daunnya mulai berguguran. Beliau bersabda:

"Wahai Abu Dzar!" Abu Dzar menyahut, "Labbaik ya Rasulullah!" Sabda beliau: "Sesungguhnya seorang muslim yang menunaikan sholatnya semata-mata karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran darinya sebagaimana daun-daun ini gugur dari rantingnya." (Ahmad-At-Targhib)

Ustaz Budi Ashari dalam kajiannya menjelaskan, pada musim dingin, biasanya daun-daun berguguran dari pohonnya sehingga ada sebagian pohon yang daunnya tidak tersisa sedikit pun. Itulah perumpamaan hasil sholat yang dilakukan dengan ikhlas, yakni segala dosa akan diampuni tanpa satu dosa pun yang tertinggal.

Menurut sebagian ulama, dosa-dosa kecil dapat diampuni melalui sholat. Sedangkan dosa-dosa besar akan diampuni dengan taubat nashuha. Semoga Allah dengan kemurahan-Nya mengampuni dosa-dosa kita yang kecil maupun yang besar.

Itulah dahsyatnya fadhillah sholat, perkara yang sebagian orang mungkin meremehkannya namun terdapat keutamaan besar bagi yang ikhlas menjalankannya. Sholat yang diridhoi Allah di sini adalah sholat di awal waktu yang dilakukan secara berjamaah.

Keutamaan Sholat Berjamaah
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهَرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ ، يَغْتَسِلُ فِيهِ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسًا ، مَا تَقُولُ ذَلِكَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ » . قَالُوا لاَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ شَيْئًا . قَالَ « فَذَلِكَ مِثْلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ ، يَمْحُو اللَّهُ بِهَا الْخَطَايَا »

"Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?" Para sahabat menjawab, "Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya." Beliau berkata, "Maka begitulah perumpamaan sholat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Fadhillah lain sholat berjamaah 5 waktu sebagaimana riwayat dari Anas bin Malik, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Siapa yang melaksanakan sholat karena Allah Ta'ala selama 40 hari berjamaah, tidak ketinggalan takbiratul ihram. Maka dituliskan baginya dijauhkan dari dua perkara, yaitu dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan." (HR At-Tirmidzi)

Dalam hadis riwayat Abu ad-Darda disebutkan: "Ada tiga orang yang berada di suatu kampung atau perkampungan badui, tidak dilaksanakan sholat berjamaah, maka sungguh setan telah menguasai mereka. Maka laksanakan sholat berjamaah, karena sesungguhnya srigala hanya memakan kambing yang memisahkan diri dari jamaah." (HR. Abu Daud)

Masih banyak keutamaan lain dari ibadah sholat. Bahkan laki-laki yang hatinya terpaut ke masjid (rajin sholat berjamaah) digolongkan sebagai orang yang dinaungi Allah pada Hari Kiamat. Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu mendirikan sholat berjamaah.



Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2751 seconds (0.1#10.140)