Jumat Pertama Ramadhan, Perbanyak Amalan Ini Agar Dijauhkan dari Neraka

Jum'at, 16 April 2021 - 14:37 WIB
3. Bersedekah

Keistimewaan hari Jumat bagi umat muslim sangat luar biasa. Apalagi hari ini merupakan Jumat pertama di bulan Ramadhan. Adapun amalan mulia yang dapat menjauhkan seseorang dari neraka adalah bersedekah.

Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwayatkan: "Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya."

Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah hari Jumat. Beliau berkata: "Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya."

Demikian amalan yang dianjurkan di hari ini bertepatan Jumat perdana Ramadhan. Selain ketiga amalan di atas, kaum muslimin juga dapat menghidupkan Ramadhan dengan memperbanyak tilawah Al-Qur'an.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat, yaitu seorang yang sudah tua berzina, orang miskin namun sombong, dan pemimpin yang pendusta.

(HR. Nasa'i No. 2528)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More