Pesantren Modern Berciri Khas Wirausaha, Penopang Kemandirian

Sabtu, 23 Mei 2020 - 07:30 WIB
Gatot mengatakan, secara formal kedudukan Aa Gym adalah sebagai Ketua Pembina Yayasan Daarut Tauhiid . Sedangkan di Kopontren DT sebagai Penasihat, dan di MQ Corp saat ini sebagai salah satu pemegang saham mayoritas dan duduk di Dewan Komisaris.

Sejak 2016 hingga saat ini, Yayasan Daarut Tauhiid menaungi tujuh lembaga. Antara lain, SMK Daarut Tauhiid, SMA Daarut Tauhiid, SMP Daarut Tauhiid, Adzkia Islamic School DT, Lembaga Wakaf Daarut Tauhiid, DT Peduli, SSG Daarut Tauhiid, dan DT Jakarta.

Saat pandemi virus Corona atau COVID-19, seluruh kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Daarut Tauhid ditiadakan. Penghentian aktivitas belajar mengajar itu dilakukan mulai 14 Maret hingga saat ini.

Kebijakan ini diputuskan oleh pimpinan Yayasan Daarut Tauhiid , termasuk Ketua Pembina Aa Gym sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Iya (semua kegiatan belajar mengajar di pesantren) ditiadakan. Termasuk kajian rutin, tilawah, i'tikaf dan lainnya. Program sekolah dan pesantren semua dilakukan via daring," ujar Gatot.

Biasanya selama Ramadhan, tutur dia, DT melaksanakan kegiatan Baitul Quran. "Karena saat sekarang masih proses work for home, learn from home, hampir semua kegiatan dilakukan di rumah, termasuk Baitul Quran dengan program dan kelasnya, dilaksanakan secara online. Bahkan Daarut Tauhiid juga menggelar program toko online yang menyediakan kebutuhan pokok," tutur dia.

Ditanya apakah Daarut Tauhiid juga mengajarkan kitab kuning seperti ponpes lain? Gatot mengungkapkan, pesantren tak harus diajarkan kitab kuning. Namun, DT memberikan dasar ilmu membaca dan memahaminya saja. "Di DT tidak menggunakan kitab kuning, tetapi kurikulum lokal pesantren ," pungkas Gatot.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
وَّيُعَذِّبَ الۡمُنٰفِقِيۡنَ وَالۡمُنٰفِقٰتِ وَالۡمُشۡرِكِيۡنَ وَ الۡمُشۡرِكٰتِ الظَّآنِّيۡنَ بِاللّٰهِ ظَنَّ السَّوۡءِ‌ؕ عَلَيۡهِمۡ دَآٮِٕرَةُ السَّوۡءِ‌ ۚ وَ غَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِمۡ وَلَعَنَهُمۡ وَاَعَدَّ لَهُمۡ جَهَنَّمَؕ وَسَآءَتۡ مَصِيۡرًا
dan Dia mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, dan (juga) orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang berprasangka buruk terhadap Allah. Mereka akan mendapat giliran (azab) yang buruk dan Allah murka kepada mereka dan mengutuk mereka serta menyediakan neraka Jahanam bagi mereka. Dan (neraka Jahanam) itu seburuk-buruk tempat kembali.

(QS. Al-Fath Ayat 6)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More