Habib Bahar Keturunan Nabi Muhammad SAW ke-37, Berikut Silsilahnya

Kamis, 20 Mei 2021 - 15:18 WIB
Terdakwa kasus dugaan penganiayaan terhadap remaja Habib Bahar bin Smith menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/2/2019). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww
Dai yang dijerat dengan kasus penganiayaan terhadap sopir taksi online, Habib Bahar Bin Smith memberi pengakuan mengejutkan saat menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (18/5/2021).

Dalam pengakuannya, penceramah sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Tajul Alawiyin itu menyatakan bahwa dirinya merupakan keturunan langsung Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Habib Bahar mengaku, dirinya merupakan cucu Nabi Muhammad ke-29.



"Kakek kami mengajarkan itu, saya cucu Nabi Muhammad ke-29. Jadi, kalau saya, kalau urusan pribadi, saya rela saya ridha. Tapi kalau sudah urusan bangsa, urusan rakyat, urusan agama, urusan keluarga, maka saya tidak akan tinggal diam yang mulia," tuturnya di hadapan majelis Hakim.

Benarkah Habib Bahar salah satu zurriyah (anak keturunan) Nabi Muhammad? Ketua Lembaga Pencatatan Nasab Maktab Daimi Rabithah Alawiyah, Habib Ahmad Alatas membenarkan bahwa Habib Bahar Bin Smith adalah keturunan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Beliau tercatat sebagai keturunan Rasulullah صلى الله عليه وسلم ke-37, bukan ke-29.



"Ke 37 sampai ke Nabi. Dari jalur Husein (cucu Rasulullah SAW)," kata Habib Ahmad Alatas kepada SINDOnews, Kamis (20/5/2020).

Habib Ahmad membenarkan bahwa silsilah nasab Habib Bahar tidak jauh berbeda dengan Habib Habib Rizieq yang tercatat di Lembaga Pencatatan Nasab Maktab Daimi Rabithah Alawiyah. Habib Rizieq tercatat sebagai keturunan Nabi Muhammad ke-39 dari marga atau kabilah Shihab. Sedangkan Habib Bahar keturuanan Nabi ke-37 dari marga atau kabilah Smith (Semith).

Untuk diketahui, Lembaga Pencatatan Nasab Maktab Daimi Rabithah Alawiyah adalah sebuah organisasi Islam yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan. Organisasi ini menghimpun WNI keturunan Arab, khususnya yang memiliki keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW.

Dalam Makhtab Addaimi yang diterima SINDOnews, Habib Bahar merupakan keturunan Nabi dari jalur Husein. Ayah beliau bernama Ali bin Abdurrahman. ID Nasab beliau bernomor 85678.

Habib Bahar Bin Smith lahir di Manado 23 Juli 1985. Beliau adalah seorang Dai muda dan pendiri Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin di Kemang, Bogor. Pada setiap ceramahnya, selalu didampingi dan dijaga ketat oleh Laskar Pembela Islam dan Front Pembela Islam.



Berikut Nasab Silsilah Habib Bahar yang Tersambung ke Nabi Muhammad:

1. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم

2. Fathimah Az-Zahra (radhiyallahu 'anha)

3. Al-Husein Sayyidus Syuhada (radhiyallahu 'anhu)

4. Ali Zainal Abidin

5. Muhammad Al-Baqir

6. Jafar Ash-Shadiq

7. Ali Uraidy
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Yang pertama kali yang dihisab (dihitung) dari perbuatan seorang hamba pada hari Kiamat adalah shalatnya. Jika sempurna ia beruntung dan jika tidak sempurna, maka Allah Azza wa Jalla berfirman, Lihatlah apakah hamba-Ku mempunyai amalan shalat sunnah? Bila didapati ia memiliki amalan shalat sunnah, maka Dia berfirman Lengkapilah shalat wajibnya yang kurang dengan shalat sunnahnya

(HR. Nasa'i No. 463)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More