Sihir, Senjata Orang Jahat untuk Merusak Hubungan Rumah Tangga

Kamis, 24 Juni 2021 - 13:58 WIB
ilustrasi. Foto istimewa
Salah satu senjata orang jahat adalah sihir, karena orang-orang jahat menggunakannya untuk merusak kehidupan manusia, termasuk merusak hubungan rumah tangga dan keluarga.



Dinukil dari “ Tis’un Wa Tis’una Fikrah li Hayah Zaujiyah Sa’idah”, karya : Dr. Musyabbab bin Fahd al-Ashimi, dijelaskan bahwa di antara ciri orang yang terkena sihir yaitu bila salah seorang suami-istri membenci pasangan hidupnya , tidak mau mendekati, bersikap atau berucap yang menyakitkan seperti memukul atau mencela hanya karena masalah sepele.

Karena sihir pula, ada kalanya ia melihat pasangannya dengan wajah yang buruk, selalu mencium bau tidak sedap darinya, atau mungkin merasa sangat tertekan saat memasuki rumah, serta hal-hal lain yang membuatnya membenci pasangannya. Ada kalanya salah satu dari suami atau istri mengidap penyakit yang tidak dikenal para dokter. Bahkan terkadang suami-istri bercerai disebabkan sihir.





Karenanya, Islam sangat melarang praktek sihir dan haram hukumnya untuk dipelajari.

Allah ta’ala berfirman,

وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَا أُنْزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوتَ وَمَارُوتَ وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّى يَقُولَا إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلَا تَكْفُرْ فَيَتَعَلَّمُونَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُونَ بِهِ بَيْنَ الْمَرْءِ وَزَوْجِهِ



"....…Padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil Yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: “Sesungguhnya Kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir”. Maka mereka mempelajari dari kedua Malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya…(Qs. Al-Baqarah : 102)



Di dalam ayat ini terdapat pembuktian bahwa terkadang sihir menjadi sebab perceraian antara suami-istri. Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu'anhu, berkata, “Siapa yang mendatangi penyihir, dukun, atau orang pintar, lalu membenarkan ucapannya, maka ia telah kafir terhadap wahyu yang diturunkan kepada Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam– (Shahih at-Targhiib)

Hadis ini mengandung ancaman dan peringatan keras agar tidak mendatangi penyihir, peramal, dan para dajjal (pendusta), meminta pengobatan, kesembuhan, atau meminta pertolongan dalam bentuk apapun dari mereka.



Untuk perlindungan dari sihir, Ustadz Amar Abdullah bin Syakir menjelaskan, seorang muslim harus menjaga dirinya dengan dzikir-dzikir harian. Ketika telah terkena sihir, ia harus banyak memohon kesembuhan, merukyah diri sendiri atau meminta ruqyah dari orang lain. Perlu pula berbekam dan mandi dengan tujuh daun bidara yang ditumbuk. Cara-cara seperti ini telah teruji dan bermanfaat dengan izin Allah ta’ala.



Wallahu A’lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wid)
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bertanya kepada para sahabat: Tahukah kalian, siapakah orang yang bangkrut itu?  Para sahabat menjawab: Menurut kami, orang yang bangkrut diantara kami adalah orang yang tidak memiliki uang dan harta kekayaan.  Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya umatku yang bangkrut adalah orang yang pada hari kiamat datang dengan shalat, puasa, dan zakat, tetapi ia selalu mencaci-maki, menuduh, dan makan harta orang lain serta membunuh dan menyakiti orang lain. Setelah itu, pahalanya diambil untuk diberikan kepada setiap orang dari mereka hingga pahalanya habis, sementara tuntutan mereka banyak yang belum terpenuhi. Selanjutnya, sebagian dosa dari setiap orang dari mereka diambil untuk dibebankan kepada orang tersebut, hingga akhirnya ia dilemparkan ke neraka.

(HR. Muslim No. 4678)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More