5 Golongan Orang yang Mati Syahid, Siapa Saja Mereka?

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 08:05 WIB
- Syahid Addunya wa Syahidul Akhirah (ia syahid di dunia dan sahyid di Akhirat).

Siapakah yang Syahid di Dunia dan Akhirat?

Yaitu orang yang mati syahid karena membela Allah, membela agama Allah atau mati karena membela keluarganya, masyarakatnya dari serangan musuh yang bersenjata lalu ia melawan hingga ia wafat, maka wafatnya syahid di dunia dan akhirat. Di dunia tidak perlu disholatkan, tidak perlu dikafani, kenapa? karena sudah mati syahid. Di akhirat ia bersama para Syuhada.

Ada syahid di dunia yaitu orang yang mati syahid di dunia saja. Ia ikut peperangan di dunia tapi bukan untuk membela agama Allah, barangkali karena emosinya, karena gengsinya, atau teman-temannya ikut berperang ia ikut saja. Hal seperti ini di dunia diperlakukan seperti Syuhada, tidak disholatkan karena orang-orang tahunya ia mati syahid, tetapi di akhirat bukan bersama Syuhada karena niatnya bukan untuk membela Allah dan Rasul-Nya.

Adapun Syahidul Akhirah adalah orang yang mati syahidnya dalam kelompok selain berperang di jalan Allah yaitu yang tenggelam, yang wafat terbakar, terkena reruntuhan. Mereka disholatkan dan diperlakukan seperti wafatnya seorang muslim, namun di Akhirat ia bersama para Syuhada. Tentunya kelompok yang bersama mereka adalah orang yang mencintai para Syuhada.

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Abdullah Busr radhiyallahu 'anhu bahwa seorang laki-laki berkata,  Wahai rasulullah, sesungguhnya syari'at-syari'at Islam telah banyak yang menjadi kewajibanku, maka beritahukan kepadaku sesuatu yang dapat aku jadikan sebagai pegangan!  Rasulullah bersabda, Hendaknya senantiasa lidahmu basah karena berdzikir kepada Allah.

(HR. Tirmidzi No. 3297)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More