Rahasia dan Fadhillah Surat Yasin, Yuk Amalkan

Kamis, 09 September 2021 - 18:00 WIB
Dari Anas radhiyallahu 'anhu: "Barangsiapa yang membaca Surat Yasin maka pahalanya menyamai 10 kali khatam Al-Qur'an". Hadis ini dikeluarkan oleh Imam Ad-Darimiy.

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam juga bersabda: "Sesungguhnya setiap sesuatu memiliki hati, dan hatinya Al-Qur'an adalah Surat Yasin. Barangsiapa membaca Surat Yasin, maka Allah akan mencatat baginya seperti membaca seluruh Al-Qur'an sepuluh kali atas balasan bacaannya." (dari Anas radhiyallahu 'anhu)

5. Rutin Baca Yasin Akan Meninggal dalam Keadaan Syahid

Dalam riwayat Imam At-Thabrani dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca Surat Yasin setiap malam maka ia akan dipermudah ajalnya. Dan ia meninggal dalam keadaan syahid. "Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid." (HR At-Thabrani dari Anas bin Malik)

6. Terhindar dari Siksa Kubur

"Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin maka pada hari itu Allah meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi penghuni kubur di perkuburan itu." (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373). Keterangan ini tidak ditemui dalam Hadis Sahih, namun tidak ada larangan dalam mengamalkannya untuk tujuan keutamaan beramal.

7. Dikabulkan Permintaannya

Keutamaan membaca Surat Yasin di malam Jumat ditegaskan dalam hadis riwayat Abu Daud berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

"Barangsiapa membaca Surat Yasin dan As-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari Al-Habr)

Meski ada sanad yang terputus dan tergolong lemah, tidak mengapa untuk diamalkan. Para ulama membolehkan mengamalkan hadis lemah untuk keutamaan beramal, asalkan tidak tergolong hadis maudlu' (palsu).

8. Mempermudah Segala Urusan

Membaca Surat Yasin juga diyakini dapat memudahkan segala urusan dan mengatasi persoalan hidup. "Barang siapa yang membaca Surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan. Jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga." (Sunan Ad-Daarimi juz 2 halaman 549).

Dalam Kitab Sa'adatud Darain yang dikutip dari Minhajul Hanif disebutkan, ada faedah besar untuk mendatangkan berbagai hajat dari Surat Yasin. Caranya dengan membaca Surat Yasin 7 kali waktunya sesudah shalat subuh.

Ketika sampai pada Ayat 58 Surat Yasin diulang sebanyak 7 kali maka Allah akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.

سَلَٰمٌ قَوْلًا مِّن رَّبٍّ رَّحِيمٍ


Salaamun Qoulam Mir Robbir Rohiim

Artinya:

"(Kepada mereka dikatakan): 'Salam', sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang." (Yasin: 58)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفۡسًا اِلَّا وُسۡعَهَا ‌ؕ لَهَا مَا كَسَبَتۡ وَعَلَيۡهَا مَا اكۡتَسَبَتۡ‌ؕ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَاۤ اِنۡ نَّسِيۡنَاۤ اَوۡ اَخۡطَاۡنَا ‌ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَاۤ اِصۡرًا كَمَا حَمَلۡتَهٗ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِنَا ‌‌ۚرَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖ‌ ۚ وَاعۡفُ عَنَّا وَاغۡفِرۡ لَنَا وَارۡحَمۡنَا ۚ اَنۡتَ مَوۡلٰٮنَا فَانۡصُرۡنَا عَلَى الۡقَوۡمِ الۡكٰفِرِيۡنَ
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat pahala dari kebajikan yang dikerjakannya dan dia mendapat siksa dari kejahatan yang diperbuatnya. Mereka berdoa, Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.

(QS. Al-Baqarah Ayat 286)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More