Jarang Dibahas! Inilah Arti Huruf Ya Sin Pada Surat Yasin

Rabu, 29 September 2021 - 17:42 WIB
Surat Yasin adalah jantungnya (hatinya) Al-Quran. Siapa yang membaca surat ini pada malam hari maka dosa-dosanya akan diampuni. Foto/Ist
Dalam Surat Yasin (surat ke-36 dari Al-Qur'an), Allah memulai firman-Nya dengan menyebut huruf "Ya dan Sin" (يٰسٓ). Apa sebenarnya arti dan makna huruf ini?

Seperti diketahui, Surat Yasin terdiri atas 83 ayat termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan setelah Surat Jin. Dinamai Yasin karena dimulai dengan Huruf Ya dan Sin.



Sebagaimana halnya arti huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan beberapa Surat Al-Qur'an, maka demikian pula Surat Yasin. Allah mengisyaratkan bahwa sesudah huruf tersebut akan dikemukakan hal-hal yang penting antara lain: "Allah bersumpah dengan Al-Qur'an bahwa Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam benar-benar seorang Rasul yang diutus-Nya kepada kaum yang belum pernah diutus kepada mereka Rasul-rasul.

Keutamaan Surat Yasin diterangkan dalam hadis berikut: "Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya." (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi dari Abu Hurairah). Inilah yang menjadi dalil sekaligus hujjah bagi mereka yang membaca Yasin di malam Jumat.



Dari Anas ia berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya setiap sesuatu memiliki hati, dan hatinya Al-Qur'an adalah Surat Yasin. Barangsiapa membaca Surat Yasin, maka Allah akan mencatat baginya seperti membaca seluruh Al-Qur'an sepuluh kali atas balasan bacaannya."

Arti Huruf Yasin

Pada surat-surat sebelumnya telah dibicarakan mengenai awal surah yang dimulai dengan huruf-huruf abjad. Dalam Tafsir Kemenag dijelaskan, pendapat yang terkuat menetapkan huruf-huruf abjad itu dimaksudkan sebagai peringatan untuk membangkitkan minat orang yang membacanya kepada hal-hal penting yang akan disebutkan dalam ayat-ayat sesudahnya.

Dari riwayat Ibnu 'Abbas diperoleh keterangan bahwa YaSin (يٰسٓ) bermakna "Ya Insan" (wahai manusia) yakni wahai Muhammad. Demikian pula pendapat Abu Hurairah, 'Ikrimah, adh-ahhak, Sufyan bin Uyainah dan Sa'id bin Jubair. Menurut mereka, Yassin berasal dari logat Habsyah.

Sedangkan Imam Malik meriwayatkan dari Zaid bin Aslam menyebutkan arti Yasin adalah kependekan dari nama-nama Allah. Adalagi yang berpendapat Yasin ringkasan dari kalimat "Ya Sayyidal Basyar", yakni Nabi Muhammad sendiri. Atau ia adalah salah satu nama dari Al-Qur'an.

Namun demikian, mayoritas ulama menyerahkan arti Yasin kepada Allah. (untuk lebih jelasnya, lihat tafsir Surat Al-Baqarah ayat 1)

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
cover top ayah
اَوَلَمۡ يَهۡدِ لِلَّذِيۡنَ يَرِثُوۡنَ الۡاَرۡضَ مِنۡۢ بَعۡدِ اَهۡلِهَاۤ اَنۡ لَّوۡ نَشَآءُ اَصَبۡنٰهُمۡ بِذُنُوۡبِهِمۡ‌ ۚ وَنَطۡبَعُ عَلٰى قُلُوۡبِهِمۡ فَهُمۡ لَا يَسۡمَعُوۡنَ
Atau apakah belum jelas bagi orang-orang yang mewarisi suatu negeri setelah lenyap penduduknya? Bahwa kalau Kami menghendaki pasti Kami siksa mereka karena dosa-dosanya, dan Kami mengunci hati mereka sehingga mereka tidak dapat mendengar pelajaran.

(QS. Al-A'raf Ayat 100)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More