Rahasia dan Fadhillah Surat Yasin, Yuk Amalkan

loading...
Rahasia dan Fadhillah Surat Yasin, Yuk Amalkan
Salah satu surat yang dianjurkan dibaca pada malam hari adalah Surat Yasin. Siapa yang membacanya malam hari maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya. Foto/Ist
Surat Yasin disebut juga jantungnya Al-Qur'an. Surat ke-36 dalam Al-Qur'an ini terdiri dari 83 ayat diturunkan di Makkah. Kandungan Surat Yasin meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah, peringatan kematian, hari akhir, kisah Nabi dan perjuangan para syuhada.

Dalam berbagai riwayat Surat Yasin memiliki rahasia dan keutamaan yang agung. Para ulama mengatakan bahwa Yasin dan Thoha adalah nama lain dari Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

Surat Yasin begitu istimewa karena di dalamnya terkandung ajaran tauhid, tempat kembali, berita gembira tentang surga untuk ahli tauhid dan kegembiraan orang yang meninggal di atas tauhid karena firman-Nya, "Seandainya kaumku mengetahui..." (At-Taysiir 1/390)

Berikut Fadhillah Yasin yang Dinukil dari Hadis Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan beberapa kitab:

1. Dosa-dosa Diampuni Allah
Dalam beberapa riwayat, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ يس فِيْ لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ

"Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya"

(HR At Thobroni/145, 418 dan Al-Bayhaqi/2360, 2361 dari Abu Huroiroh, Ad Darimi/3478 dari Hasan, Disahihkan oleh Ibnu Hibban/2626)

2. Bacaan untuk Orang Meninggal Dunia
Surat Yasin memiliki fadhillah untuk orang yang meninggal dunia sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut dari Ma'qol bin Yasar:

اِقْرَءُوْا عَلَى مَوْتاَكُمْ يس

"Bacalah untuk orang mati di antara kamu, Surat Yasin"

(Hadis Sahih Riwayat Ibnu Hibban/3064, juga diriwayatkan oleh Abu Daud/2714, Ibnu Majah/1438, Ahmad/19416, 19427, an-Nasai/10913, Al-Hakim/2028, Ath-Thobroni/16904, Al-Bayhaqi/2356, 8930).

3. Mempermudah Keluarnya Ruh Bagi yang Sakaratul Maut
Surat Yasin juga dapat memudahkan seseorang saat Sakaratul Maut. "Bacakanlah Surat Yasin atas orang yang hampir mati di antara kamu." (Riwayat Abu Dawud dan Nasa'i). Hadis ini sahih menurut Ibnu Hibban. (Bulughul Maram karya Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani).

"Telah menceritakan kepada kami, Abu Mughiroh, telah menceritakan kepada kami Sofwan, telah menceritakan kepadaku para guru sesungguhnya mereka menghadiri Ghudaif bin Al Harits Ats Tsumali ketika sekarat maka berkatalah : Siapa seorang diantara kalian yang mau membaca Yasin? -lalu Sofwan (periwayat hadits) berkata-: maka Soleh bin Syurekh As-Sakuni membaca surat Yasin tersebut, dan ketika bacaannya sampai ke-ayat 40, ternyata Ghudaif meninggal dunia.

Sofwan berkata: Bahwasannya para guru mereka berkata, apabila dibacakan Yasin di sisi orang mati maka diringankan (pencabutan nyawa) darinya berkat bacaan Yasin tersebut. Berkata Sofwan: Dan Isa bin Mu'tamir telah membaca Yasin di sisi Ibnu Ma’bad".(HR. Ahmad/16355)

4. Menyamai 10 Kali Khatam Al-Qur'an
Dari Anas radhiyallahu 'anhu: "Barangsiapa yang membaca Surat Yasin maka pahalanya menyamai 10 kali khatam Al-Qur'an". Hadis ini dikeluarkan oleh Imam Ad-Darimiy.

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam juga bersabda: "Sesungguhnya setiap sesuatu memiliki hati, dan hatinya Al-Qur'an adalah Surat Yasin. Barangsiapa membaca Surat Yasin, maka Allah akan mencatat baginya seperti membaca seluruh Al-Qur'an sepuluh kali atas balasan bacaannya." (dari Anas radhiyallahu 'anhu)

5. Rutin Baca Yasin Akan Meninggal dalam Keadaan Syahid
Dalam riwayat Imam At-Thabrani dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca Surat Yasin setiap malam maka ia akan dipermudah ajalnya. Dan ia meninggal dalam keadaan syahid. "Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid." (HR At-Thabrani dari Anas bin Malik)

6. Terhindar dari Siksa Kubur
"Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin maka pada hari itu Allah meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi penghuni kubur di perkuburan itu." (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373). Keterangan ini tidak ditemui dalam Hadis Sahih, namun tidak ada larangan dalam mengamalkannya untuk tujuan keutamaan beramal.

7. Dikabulkan Permintaannya
Keutamaan membaca Surat Yasin di malam Jumat ditegaskan dalam hadis riwayat Abu Daud berikut:
halaman ke-1
preload video