Tadabur Surat Yusuf Ayat 1-2: Alasan Al-Qur'an Diturunkan Berbahasa Arab

Kamis, 07 Oktober 2021 - 23:51 WIB
Pesan dan Hikmah:

1. Kenapa dipilih bahasa Arab sebagai bahasa pengantar Al-Qur'an, ada beberapa alasan atau hikmahnya, yaitu:

Pertama, faktor sosiologi. Karena objek dakwah saat Al-Qur'an turun adalah mayoritas berbahasa Arab, sehingga wajar, logis dan realistis jika bahasa yang digunakan untuk menyampaikan maksud dan tujuan pesan Al-Qur'an dengan bahasa yang sesuai, mudah diterima dan dipahami mereka yaitu Bahasa Arab.

Kedua, faktor superioritas bahasa Arab itu sendiri yang sangat fasih, kaya kata dan makna. Seakan bahasa Arab menjadi bahasa dasar semua bangsa.

Ketiga, faktor tujuan Al-Qur'an yang selalu menantang orang yang meragukan kebenarannya. Sehingga tidak ada yang mampu menandinginya dari segi susunan dan keindahan bahasanya serta sarat maknanya padahal mereka semua berbahasa Arab.

Keempat, seperti disebutkan kalimat setelahnya "agar kita memahaminya" bahwa ayat Al-Qur'an bukanlah karangan manusia atau hasil pikiran nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam sehingga kita termotivasi untuk serius mempelajarinya.

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
اَلَمۡ يَاۡنِ لِلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اَنۡ تَخۡشَعَ قُلُوۡبُهُمۡ لِذِكۡرِ اللّٰهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ الۡحَـقِّۙ وَلَا يَكُوۡنُوۡا كَالَّذِيۡنَ اُوۡتُوا الۡكِتٰبَ مِنۡ قَبۡلُ فَطَالَ عَلَيۡهِمُ الۡاَمَدُ فَقَسَتۡ قُلُوۡبُهُمۡ‌ؕ وَكَثِيۡرٌ مِّنۡهُمۡ فٰسِقُوۡنَ
Belum tibakah waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk secara khusyuk mengingat Allah dan mematuhi kebenaran yang telah diwahyukan (kepada mereka), dan janganlah mereka (berlaku) seperti orang-orang yang telah menerima kitab sebelum itu, kemudian mereka melalui masa yang panjang sehingga hati mereka menjadi keras. Dan banyak di antara mereka menjadi orang-orang fasik.

(QS. Al-Hadid Ayat 16)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More