Tadabur Surat Yusuf Ayat 1-2: Alasan Al-Qur'an Diturunkan Berbahasa Arab

Kamis, 07 Oktober 2021 - 23:51 WIB
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni, Dai Lulusan Al-Azhar Mesir. Foto/Ist
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni

Yayasan Pustaka Afaf,

Dai Lulusan Al-Azhar Mesir

Surat Yusuf (يوسف) adalah satu-satunya surat yang menceritakan kisah Nabi secara detail. Surat Yusuf merupakan surah ke-12 terdiri dari 111 ayat diturunkan di Makkah.

Salah satu fadhillah Surat Yusuf yaitu dapat menghilangkan kesedihan bagi yang membacanya. Dan yang sedang mengalami kesulitan maka akan semangat menanti kemudahan.



Berikut Tadabur Surat Yusuf Ayat 1-2

Ayat 1:

الۤرٰ ۗ تِلْكَ اٰيٰتُ الْكِتٰبِ الْمُبِيْنِۗ


Alif Laaam Raa, Tilka Aayaatul Kitaabil Mubiin.

"Alif, Laam, Raa. Ini adalah ayat-ayat kitab (Al-Qur'an) yang nyata (dari Allah)." (QS Yusuf ayat 1)

Pesan dan Hikmah:

1. Penggalan huruf ini sengaja Allah tampilkan untuk menarik perhatian orang-orang yang suka berpaling dari ayat Al-Qur'an, di mana huruf-huruf ini menakjubkan yang mendengarnya sekaligus melemahkan pihak lawan untuk mendatangkan ayat semisalnya, itulah yang disebut mukjizat.

2. Para ulama dari dulu hingga kini berbeda pendapat dalam memahami makna dari tiga huruf alfabet arab itu, hanya Allah yang Maha mengetahui. Itulah jawaban yang dikemukakan para ulama abad pertama hingga abad ketiga menurut Prof Quraish Shibab.

3. Kendati banyak ulama yang berusaha memahaminya, namun yang lebih aman adalah jawaban "Hanya Allah yang Maha mengetahuinya". Sehingga ini menunjukan kehebatan Allah dalam kalam-Nya sebagaimana kehebatan Allah dalam segala hal yang diciptakannya mulai dari manusia dan alam jagad raya ini.

4. Huruf-huruf alfabet Arab yang terputus itu sebagai pembuka yang menarik sekaligus mencuri perhatian orang yang mendengarnya atau membacanya untuk mau menyimak sesuatu yang akan disampaikan setelahnya. Yaitu tentang kejelasan ayat-ayat Allah yang nyata dan tidak samar hingga tidak menimbulkan kebingungan dan keraguan.

Ayat 2:

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ


Innaaa anzalnaahu quraanan 'Arabiyyal la 'allakum ta'qiluun.

"Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Qur'an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya." (QS Yusuf: 2)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Mu'adz bin Jabal bahwa Rasulullah shallallahu wa'alaihi wa sallam menggandeng tangannya dan berkata: Wahai Mu'adz, demi Allah, aku mencintaimu, aku wasiatkan kepadamu wahai Mu'adz, janganlah engkau tinggalkan setiap selesai shalat untuk mengucapkan:  ALLAAHUMMA A'INNII 'ALAA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI 'IBAADATIK (Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu mengingat-Mu (berdzikir kepada-Mu), dan bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu.)

(HR. Sunan Abu Dawud No. 1301)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More