Abd-al Rahman al-Sufi, Astronom Muslim yang Mengindentifikasi 100 Bintang Baru

Sabtu, 13 November 2021 - 14:21 WIB
Memacu Perkembangan Teknologi

Efek dari kitab ini bergema langsung ke dunia modern. Saking besarnya karya ini, pemerintah Uzbekistan pun hendak memamerkan salinan karya ini dan karya-karya bersejarah lainnya yang kaya dengan nilai budaya dan ilmiah seperti ini dan membantu memacu perkembangan teknologi dan penemuan ilmiah di negara mereka.'

Pemerintah Uzbekistan memiliki salinan faksimili asli pertama dari Kitab Bintang-Bintang Tetap. Menurut laporan Euronews, pemerintah Uzbekistan hendak menyajikan "salinan faksimili asli pertama dari manuskrip" kitab tersebut.

Uzbekistan dulunya merupakan bagian dari wilayah diperintah oleh Kerajaan Persia. Wilayah negara ini berada di jantung Jalur Sutra kuno. Lokasi pusatnya di trans-benua Eurasia memungkinkannya menjadi salah satu peradaban pertama yang berkembang dan tumbuh.

Upaya penyajian salinan Kitab Bintang-Bintang Tetap itu merupakan bagian dari Project: Cultural Legacy of Uzbekistan in the World Collections.

Proyek ini diluncurkan untuk mengidentifikasi, membuat katalog, dan memamerkan semua benda seni yang mencerminkan warisan budaya Uzbekistan yang tersebar di seluruh dunia, menurut laporan Ancient Origins.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
cover top ayah
وَّاَنَّا مِنَّا الصّٰلِحُوۡنَ وَمِنَّا دُوۡنَ ذٰلِكَ‌ؕ كُنَّا طَرَآٮِٕقَ قِدَدًا
Dan sesungguhnya di antara kami (jin) ada yang shalih dan ada (pula) kebalikannya. Kami menempuh jalan yang berbeda-beda.

(QS. Al-Jinn Ayat 11)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More