Sore Ini Gerhana Bulan Terlama, Berikut Tata Cara dan Bacaan Niatnya

Jum'at, 19 November 2021 - 11:33 WIB
Gerhana bulan parsial terlama abad ini akan berlangsung sore ini. Umat muslim dianjurkan sholat gerhana bulan secara berjamaah, Foto/Ist
Gerhana bulan akan terjadi pada Hari Jumat (19/11/2021) sore ini sebagaimana dilaporkan oleh NASA. Gerhana bulan parsial terlama abad ini akan berlangsung selama 3 jam 28 menit dan 23 detik. Puncaknya akan terjadi pukul 16.02 WIB.

Persitiwa ini juga akan terlihat di beberapa wilayah di langit Indonesia. Berikut tata cara dan bacaan niat Sholat Gerhana Bulan atau disebut Khusuf.

Dalil untuk melaksanakan Sholat Gerhana ini diterangkan dalam Hadis berikut. Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا ، وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah." (HR Al-Bukhari No 1044)



Gerhana bulan (Khusyufil Qamar) adalah peristiwa dimana bulan akan mengalami kegelapan dalam keadaan tertutup total berwarna merah. Untuk itu, umat muslim diimbau:

1. Memperbanyak Takbir dan membesarkan Asma Allah.

2. Menyeru Sholat Khusuf berjamaah dengan 2 rakaat.

3. Mendengarkan khutbah gerhana setelah sholat

4. Mengumpulkan sedekah

5. Memperbanyak istighfar hingga bulan kembali normal.

Baca Juga: Peristiwa Gerhana di Masa Rasulullah SAW
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Hadits of The Day
Dari Abdullah bin Mas'ud, dia berkata, Saya bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, Amalah apakah yang paling utama? Beliau menjawab: Shalat pada waktunya. Aku bertanya lagi, Kemudian apa lagi? Beliau menjawab: Berbakti kepada kedua orang tua. Aku bertanya lagi, Kemudian apa lagi? Beliau menjawab: Berjuang pada jalan Allah. Kemudian aku tidak menambah pertanyaan lagi karena menjaga perasaan beliau.

(HR. Bukhari No. 5513)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More