9 Nama Kuda Kesayangan Rasulullah dan Ciri Kuda Terbaik

Minggu, 21 November 2021 - 07:52 WIB
Ustaz DR Miftah el-Banjary bersama kuda kesayangannya. Foto/Istimewa
Ustaz DR Miftah el-Banjary MA

Pakar Ilmu Linguistik Arab dan Tafsir Al-Qur'an

Dai lulusan Mesir asal Kalimantan Selatan

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mempunyai kuda-kuda kesayangan dengan nama masing-masing. Beliau memiliki sejumlah kuda kesayangan yang digunakan baik untuk alat transportasi ataupun keperluan misi perang.

Dalam sebuah sabdanya, Rasulullah pernah menekankan pentingnya keberadaan kuda pada masa itu. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:



خيرُ الخيلِ الأدهَمُ الأقرَحُ الأرثَمُ، ثمَّ الأقرَحُ المُحجَّلُ طَلقُ اليمينِ، فإن لم يَكُن أدهَمُ فكُمَيْتٌ علَى هذِهِ الشِّيَةِ

"Kuda terbaik adalah yang paling menderita, lecet, sakit, dan memiliki cedera. Jika kuda itu tidak bersikukuh, maka aku akan mati karenanya." (HR At-Tirmidzi, dari jalur Abu Qatadah)

Mengenai jumlah dan nama-nama kuda Rasulullah pun bervariasi. Pendapat para ulama di antaranya, Ahmad bin Ali Taqi al-Din al-Maqrizi melalui Kitabnya berjudul 'Imta al-Asma bi ma lil-Nabi min al-Ahwal wa al-Amwal wa al-Hafadah wa al-Mata, menjelaskan, di antara kuda-kuda Nabi yang lain yaitu bernama al-Bahjah, al-Thorf, al-Najib, al-Mandub, dan al-Karim.

Selain itu, Al-Maqrizi juga menyampaikan, bahwa jumlah kuda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi sallam adalah 23. Ini termasuk di antaranya kuda bernama Al-Ablaq, Dzul Iqal, Dzul Lammah, al-Murtajal, Al-Sarhan, Al-Ya'bub, al-Ya'sub, al-Syiha', dan al-Sajal.

Namun, ulama menyepakati tujuh nama kuda Rasulullah. Adapula yang menyatakan ada 9 nama kuda kesayangan Rasulullah. Berikut ini adalah sembilan nama kuda milik Nabi Muhammad:

1. Al-Murtajaz atau Asyhab

Diberi nama ini karena warna putihnya, sifatnya yang baik. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam membelinya dari seorang Arab dari Bani Marra.

2. Al-Lahif

Dinamai demikian karena ekor panjangnya yang sampai menutupi tanah. Kuda ini menyerupai gunung dan merupakan hadiah dari Farwa Bin Amr Al-Jadhami dan ada yang menyebut pemberian dari Abu Al-Baraa.

3. Lizaz

Kuda ini hadiah dari pemilik suci Alexandria, yaitu Al-Muqauqis yang merupakan penguasa Koptik Mesir.

4. Al-Dzarib

Kuda ini adalah hadiah dari Farwa bin Amr Al-Jadhami, dan dinamai itu di antaranya karena kekokohan dan kekuatannya yang besar, dan Nabi menggunakannya dalam perang.

5. As-Sakaf
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
وَاعۡلَمُوۡۤا اَنَّمَاۤ اَمۡوَالُكُمۡ وَاَوۡلَادُكُمۡ فِتۡنَةٌ  ۙ وَّاَنَّ اللّٰهَ عِنۡدَهٗۤ اَجۡرٌ عَظِيۡمٌ
Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar.

(QS. Al-Anfal Ayat 28)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More