Dahsyatnya Fadhillah Surah Al-Mulk, Dibaca Sebelum Tidur

Minggu, 07 Juni 2020 - 21:34 WIB
Inilah surat yang biasa dibaca Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam setiap malam sebelum tidur. Foto/Dok SINDOnews
Saudara seiman, ada satu surah Al-Qur'an yang fadhillahnya (keutamaan) sangat dahsyat hingga Nabi Muhammad shallallahu 'laihi wa sallam memerintahkan kita membacanya setiap malam. Surah tersebut adalah Al-Mulk (kerajaan), surat ke-67 (juz 29) terdiri dari 30 ayat.

Surat ini dikenal dengan nama Surah Tabarok . Disebut juga surat Al-Mani'ah (penghalang) dan surat Al-Munjiah (penyelamat) yang menyelamatkan seseorang dari azab kubur. Inilah surat yang biasa dibaca Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam setiap malam sebelum beliau tidur. (Baca Juga: Keutamaan dan Keistimewaan Surah Al-Fatihah)

Keutamaan Surah Al-Mulk

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

ﺳُﻮﺭَﺓٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﺛَﻼَﺛُﻮﻥَ ﺁﻳَﺔً ﺗَﺸْﻔَﻊُ ﻟِﺼَﺎﺣِﺒِﻬَﺎ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﻐْﻔَﺮَ ﻟَﻪُ } ﺗَﺒَﺎﺭَﻙَ ﺍﻟَّﺬِﻯ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﺍﻟْﻤُﻠْﻚُ .{ ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ : ﻓﺄﺧﺮﺟﺘﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻭ ﺃﺩﺧﻠﺘﻪ ﺍﻟﺠﻨﺔ



"Satu surat dalam Al-Qur'an (yang terdiri dari) 30 ayat (pada Hari Kiamat) akan memberi Syafa'at (dengan izin Allah Ta'ala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya) sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu Surat Al-Mulk ): 'Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu'. Dalam riwayat lain: "…sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga". (HR. Abu Dawud (No. 1400), At-Tirmidzi (No. 2891), Ibnu Majah (No. 3786), Ahmad (2/299) dan Al-Hakim (No. 2075 dan 3838), dinyatakan Shahih oleh Imam Al-Hakim dan disepakati oleh Imam Adz-Dzahabi, serta dinyatakan Hasan oleh Imam At-Tirmidzi dan Syaikh Al-Albani)

Dari Abdullah bin Mas'ud RA , ia berkata, "Barang siapa membaca 'Tabarakalladzi bi yadihil Mulk' ( Surat Al-Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallammenamakan Surat tersebut 'Al-Mani'ah' (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah . Barang siapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan". (HR. An Nasai dalam Al-Kabir 6/179 dan Al-Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadis tersebut Shahih).(Baca Juga: Keutamaan Surah An-Nisa dan Kandungannya)



Keutamaan dalam hadis ini diperuntukkan bagi orang yang selalu istiqamah membaca Surat Al-Mulk disertai dengan merenungkan kandungannya dan menghayati artinya. Inilah amalan yang menjadi sebab seseorang mendapatkan Syafa'at di hari Kiamat.

Fadhilah Surat Al-Mulk ini sangat dahsyat bagi siapa saja yang membacanya. Jangan sampai malam-malam kita terlewatkan tanpa membaca Surat Al-Mulk . Semoga Allah Ta'ala memberikan taufik-Nya agar kita bisa mengamalkannya. Aamiin.(Baca Juga: Keutamaan Surah Al-Mulk Pelindung dari Siksa Kubur)

Wallahu Ta'ala A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Hadits of The Day
Dari Handlalah bin Ali bahwa Mihjan bin Al Adra' telah menceritakan kepadanya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masuk ke dalam masjid, lalu beliau mendapati seorang laki-laki membaca tasyahud seusai shalat yang mengucapkan: Allahumma inni as'aluka Ya Allah Al Ahad As Shamad alladzii lam yalid wa lam yuulad walam yakul lahuu kufuwan ahad antaghfira lii dzunuubi innaka antal ghafuurur rakhiim (Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu, Dzat yang Maha Esa, Dzat yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, tiada beranak dan tidak pula diperanakkan dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia, semoga Engkau mengampuni dosa-dosaku, sesungguhnya Engkau adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.  Maka beliau bersabda: Sungguh dosa-dosanya telah di ampuni, Sungguh dosa-dosanya telah di ampuni, Sungguh dosa-dosanya telah di ampuni.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 835)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More