33 Macam Sholat Sunnah yang Patut Diketahui, Nomor 4 Paling Afdhol

Jum'at, 21 Januari 2022 - 18:41 WIB
Sholat merupakan ibadah badaniyah yang paling afdhal atau paling utama untuk kita kerjakan. Foto/dok SINDOnews
Keutamaan mengerjakan sholat sunnah selain menjadi sebab digugurkannya dosa-dosa, juga sebagai penyempurna kekurangan sholat Fardhu.

Ustaz Muhammad Ajib Lc menjelaskan tentang macam-macam sholat sunnah dalam bukunya "33 Macam Jenis Shalat Sunnah". Dari berbagai sumber referensi kitab fiqih, paling tidak jumlahnya ada sekitar 33 yang patut kita ketahui.

Dari 33 macam sholat sunnah ini ada yang hukumnya disepakati para ulama, ada juga yang tidak disepakati. Artinya, ada khilafiyah (perbedaan pendapat) di antara ulama dalam hal boleh atau tidak melaksanakannya. Di antara sholat paling utama (paling afdhol) dari sholat-sholat sunnah ini ialah sholat malam (Tahajud).

Berikut 33 Macam Sholat Sunnah:

1. Sholat Rawatib



Yaitu sholat sunnah yang dikerjakan untuk mengiringi sholat fardhu 5 waktu. Istilah lain sholat Rawatib itu sebenarnya adalah shalat qabliyah dan bakdiyah. Jumlah seluruh sholat sunnah Rawatib yang mengiringi sholat fardhu ada 22 rakaat. Terbagi dua tingkatan yaitu sholat sunnah mu'akkadah (sangat dianjurkan) dan sholat sunnah ghairu mu'akkadah.

2. Sholat Sunnah Wudhu

Sholat sunnah wudhu adalah sholat sunnah yang dikerjakan 2 rakaat setelah kita melakukan wudhu.

3. Sholat Tahiyyatul Masjid

Yaitu sholat sunnah yang dikerjakan 2 rakaat ketika kita memasuki masjid sebagai penghormatan terhadap masjid.

4. Sholat Sunnah Tahajjud

Sholat Tahajjud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah bangun dari tidur. Sholat ini dikerjakan minimal 2 rakaat dan tidak ada batasan jumlah rakaatnya menurut Mazhab Syafi'i.Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata:"Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Shplat yang paling afdhal setelah sholat fardhu adalah sholat sunnah malam". (HR Muslim)

5. Sholat Tarawih

Sholat tarawih adalah shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari di bulan Ramadhan. Ulama 4 Mazhab sepakat jumlah rakaat sholat Tarawih adalah 20 rakaat, bukan 8 rakaat. Sebagian ulama Mazhab Maliki mengatakan 36 rakaat.

6. Sholat Witir

Sholat penutup ibadah malam yang waktunya antara sholat Isya’ sampai masuk waktu Shubuh. Jumlah rakaatnya 11 rakaat dan paling sedikit 1 rakaat (ganjil).

7. Sholat Dhuha

Sholat sunnah yang dikerjakan ketika matahari sudah terbit sempurna bulatannya sampai menjelang Azan Zuhur. Minimal 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

8. Sholat Isyroq (Syuruq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
وَلَوۡ يُعَجِّلُ اللّٰهُ لِلنَّاسِ الشَّرَّ اسۡتِعۡجَالَهُمۡ بِالۡخَيۡرِ لَـقُضِىَ اِلَيۡهِمۡ اَجَلُهُمۡ‌ؕ فَنَذَرُ الَّذِيۡنَ لَا يَرۡجُوۡنَ لِقَآءَنَا فِىۡ طُغۡيَانِهِمۡ يَعۡمَهُوۡنَ‏
Dan kalau Allah menyegerakan keburukan bagi manusia seperti permintaan mereka untuk menyegerakan kebaikan, pasti diakhiri umur mereka. Namun Kami biarkan orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami, bingung di dalam kesesatan mereka.

(QS. Yunus Ayat 11)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More