Lafaz Niat Salat Dhuha dan Doa yang Dianjurkan

Jum'at, 12 Juni 2020 - 07:05 WIB
Rasulullah SAW pernah mengerjakan salat Dhuha sebanyak delapan rakaat. Pada setiap dua rakaat, beliau mengucap salam. Foto/Dok SINDOnews
Salat Dhuha merupakan amalan sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW). Beliau senantiasa mengerjakan salat Dhuha di waktu pagi sebelum siang.

Waktu pengerjaan salat Dhuha yaitu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul 7 pagi) hingga 15 menit sebelum waktu Zhuhur. Dari Abu Dzar Al-ghifari radhiyallahu'anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda: ( )

"Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (Subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (Alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaaha illallaah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu Akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar makruf (mengajak kepada kebaikan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan salat Dhuha sebanyak 2 rakaat." (HR Muslim No. 720)

Jumlah Raka'at Salat Dhuha

Para Ulama berbeda pendapat terkait jumlah rakaat Salat Dhuha . Ada 3 pendapat:



1. Pendapat pertama mengatakan minimal 2 raka'at dan maksimal 8 raka'at.

2. Pendapat kedua mengatakan minimal 2 raka'at dan maksimal 12 raka'at.

3. Pendapat ketiga mengatakan minimal 2 raka'at dan tidak terbatas jumlah raka'atnya bisa sebanyak-banyaknya.

Cara Pelaksanaan Salat Dhuha

Salat Dhuha dikerjakan seperti salat sunnah lainnya. Dikerjakan pada waktu Dhuha dalam bilangan 2 raka'at sekali salam. [Baca Juga: Masya Allah! Inilah Rahasia dan Manfaat Salat untuk Kesehatan (1)]

Surah-surah yang paling baik dibaca ketika salat Dhuha adalah:

1. Surah Al-Waqi'ah.

2. Surah Asy-Syams.

3. Surah Ad-Dhuha.

4. Surah Al-Kafirun.

5. Surah Qquraisy.

6. Surah Al-Ikhlas.

Atau bisa membaca surah apapun yang mudah dihafal dari Al-Qur'an. Surah yang paling dianjurkan ketika salat Dhuha yaitu:

1. Raka'at pertama disunnahkan membaca Surah Asy-Syams.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Akan ada di akhir zaman para 'Dajjal Pendusta' (bukan Al-Masih Ad-Dajjal) membawa hadits-hadits kepada kalian yang mana kalian tidak pernah mendengarnya dariku dan bapak-bapak kalian pun juga belum pernah mendengarnya. Maka jauhilah mereka, agar mereka tidak bisa menyesatkan kalian dan tidak bisa memfitnah kalian.

(HR. Muslim No. 8)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More