Doa Salat Dhuha dan Tata Cara Mengerjakannya

loading...
Doa Salat Dhuha dan Tata Cara Mengerjakannya
Doa Salat Dhuha dan Tata Cara Mengerjakannya
Dhuha artinya ketika posisi matahari sedang naik. Saat itu manusia akan disibukkan dengan urusan duniawi. Rasulullahshallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) menganjurkan umatnya untuk menghidupkan waktu tersebut dengan mendirikan salat sunnah Dhuha.

Salat Dhuha adalah salat sunnah yang memiliki keutamaan luar biasa. Salatini juga disebut solat awwabin, yaitu salatnya orang-orang yang kembali (bertaubat). Orang yang istiqomah mengerjakan salat Dhuha akan dicatat sebagai orang yang taat.

Dari Abu Hurairah RA berkata, "Kekasihku (Rasulullah SAW) memberi pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan yaitu puasa tiga hari setiap bulan, salat dhuha, dan salat witir sebelum tidur." (Muttafaqun 'Alaih)

Rasulullah SAW juga bersabda: "Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat." (HR. Muslim)



Tata Cara Mengerjakannya
Adapun waktu mengerjakan salat Dhuha adalah 15 menit setelah matahari terbit dan berakhir sekitar 15 menit sebelum masuk waktu Zhuhur. Waktu terbaik mengerjakan salat Dhuha yaitu ketika matahari mencapai titik tertinggi atau sekitar jam 9-11 pagi. Atau ditandai dengan padang pasir terasa panas dan anak unta beranjak.

Jumlah rakaatnya minimal 2 rakaat menurut kesepakatan ulama. Namun maksimalnya para ulama mazhab berbeda pendapat. Ada yang mengatakan maksimal 8 rakaat, ada yang 12 rakaat dan ada yang tidak berbatas.

Niat Salat Dhuha
Para ulama sepakat bahwa niat tempatnya di hati. Namun, melafazkannya tidak mengapa untuk membantu menghadirkan hati. Berikut lafaz niat salat Dhuha:
أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan Dhuha rak'ataini lillahi Ta'ala.



Artinya: Aku niat salat sunnah Dhuha 2 rakaat karena Allah Ta'ala.
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
فَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ وَكُنۡ مِّنَ السّٰجِدِيۡنَۙ‏
maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah engkau di antara orang yang bersujud (shalat),

(QS. Al-Hijr:98)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video