9 Peristiwa Bulan Rajab Terpopuler, Nomor 1 Paling Agung dan Bersejarah

Sabtu, 05 Februari 2022 - 23:24 WIB
7. Pembebasan Kota Hirrah Irak

Persitiwa berikutnya yaitu pembebasan Kkota Hirrah di Irak yang terjadi di bulan Rajab. Pembebasan ini dilakukan Khalid bin Walid sebagaimana dijelaskan Ibnu Katsir dalam Bidayah wa an-Nihayahnya.

8. Pembebasan Baitul Maqdis dari Tentara Salib

Pembebasan Baitul Maqdis dari cengkraman tentara Salib terjadi pada Tanggal 27 Rajab 583 H/2 Oktober 1187 M. Panglima perang umat Islam saat itu Shalahuddin al-Ayyub berhasil mengepung Kota Yerussalem yang selama 88 tahun dikuasai tentara salib. Adzan mulai dikumandangkan dan Sholat Jum'at pun mulai dilaksanakan kembali di Masjid al-Aqsha.

9. Runtuhnya Kesultanan Turki Utsmani

Runtuhnya Kesultanan Turki Utsmani ini terjadi pada 28 Rajab 1342 H atau 3 Maret 1924 M. Khilafah Islam dihapus oleh Musatafa Kemal Ataturk, seorang pemimpin anti-syariat Islam. Pascaruntuhnya Kesultanan Ottoman Turki, kehidupan masyarakat Turki berubah menjadi sekuler. Islam yang selama ini sebagai agama dan hukum bermasyarakat diganti dengan sistem sekuler.

Selain sembilan peristiwa tersebut, ada juga peristiwa penting yang terjadi di Bulan Rajab. Yaitu Hijrah kaum muslimin pertama kali ke Habasyah (Ethopia). Peristiwa ini terjadi di bulan Rajab tahun ke lima kenabian. Kala itu, Rasulullah memerintahkan para sahabat berhijrah ke Habasyah yang diperintah oleh seorang raja bijaksana bernama Najasyi. Hijrah itu dilakukan untuk menyelamatkan umat Islam dari gangguan kaum kafir Makkah.

Jika melihat peristiwa-peristiwa bersejarah di atas, Rajab merupakan bulan perjuangan umat Islam. Dimulai berjuang untuk patuh pada perintah Allah dan Rasul-Nya, hingga perjuangan merebut kota-kota yang dikuasai tentara Salib.

Bulan Rajab menjadi saksi atas peristiwa dan sejarah peradaban Islam di masa lalu. Bagi umat muslim tentunya perlu menjaga spirit perjuangan ini, salah satunya mengisi bulan Rajab dengan memperbanyak ibadah sebelum datangnya bulan Ramadhan.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Anas radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Makan sahurlah kalian, karena (makan) di waktu sahur itu mengandung barakah.

(HR. Muslim No. 1835)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More