Hadirkan 7 Niat Ini Sebelum Memasuki Ramadhan, Insya Allah Puasanya Berkah

Kamis, 31 Maret 2022 - 22:24 WIB
Setiap amalan tergantung pada niatnya. Maka sepatutnya pula kita menghadirkan niat yang baik sebelum memasuki bulan Ramadhan. Foto/dok SINDOnews
Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan ada baiknya kita menghadirkan niat untuk meraih keutamaan dan keberkahan puasa. Niat (نية) artinya keinginan dalam hati (amalan hati) untuk melakukan suatu tindakan.

Ramadhan ibarat tamu yang sangat agung, maka kedatangannya layak kita sambut dengan persiapan matang. Selain hati yang gembira, berikut beberapa niat mulia yang bisa kita hadirkan.



Dalam satu Hadis diterangkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

‎إنّمَا الأَعْمَالُ بالنِّيّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امرِىءٍ مَا نَوَى



"Setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan bagi setiap orang apa yang dia niatkan". (HR Al-Bukhari)

Berikut 7 niat menyambut bulan suci Ramadhan sebagaimana dihidupkan para ulama dan kaum sholihin. Ulama Hadhramaut Yaman, Al-Habib Abu Bakar Al-Adni Al-Masyhur merangkumnya dengan kalimat yang indah.

1. Berniat Sebagaimana Niatnya Rasulullah dan Ahlul Bait

نَوَيْنَا مَانَوَاهُ النَّبِيُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالسَلَفُ الصَّالِحُ مِنْ آلِ البَيْتِ الكِرَامِ وَالصَّحَابَه الأَعْلَام


Artiny: "Kami niat sebagaimana niat Nabi shallallahu 'alaihi wa allam dan para salafunas shalih dari para ahlulbait Nabi yang mulia dan para sahabat yang agung."

2. Berniat Melaksanakan Puasa dengan Sempurna

َنَوَيْنَا القِيَامَ بِحَقِّ الصِيَامِ عَلَى الوَجْهِ الَّذِيْ يُرْضِي المَلِكُ العَلاَّم


Artinya: "Kami niat melaksanakan puasa dengan sesempurna mungkin yang membuat ridho raja semesta alam Allah Subhanahu wa Ta'ala."

3. Berniat Sholat Tarawih dan Menjaga Diri dari Maksiat

َنَوَيْنَا المُحَافَظَةَ عَلَى القِيَامِ وَحِفْظِ الجَوَارِحِ عَنِ المَعَاصِي وَالآثَامِ


Artinya: "Kami niat menjaga sholat tarawih dan menjaga anggota badan dari segala maksiat dan dosa."

4. Berniat Membaca Al-Qur'an dan Sholawat serta Menjauhi Ghibah

وَنَوَيْنَا تِلَاوَةَ القُرْآنِ وَكَثْرَة الذِكْرِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِ الأَنَامِ وَنَوَيْنَا تَجَنُّبَ الغِيْبَةِ وَالنَمِيْمَةِ وَالكَذِبِ وَأَسْبَابِ الحَرَامِ


Artinya: "Kami niat rutin membaca Al-Qur'an dan banyak berdzikir serta sholawat kepada Nabi Muhammad pemimpin manusia dan menjauhi ghibah, adu domba, berdusta dan segala hal yang menyebabkan perkara yang haram dan dosa."
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Al Aswad bin Yazid, dia berkata; Abdullah berkata, Saya pernah mendengar Nabi kalian shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa menjadikan segala macam keinginannya hanya satu, yaitu keinginan tempat kembali (negeri Akhirat), niscaya Allah subhanahu wa ta'ala akan mencukupkan baginya keinginan dunianya. Dan barangsiapa yang keinginannya beraneka ragam pada urusan dunia, maka Allah subhanahu wa ta'ala tidak akan memperdulikan dimanapun ia binasa.

(HR. Ibnu Majah No. 4096)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More