Doa Rasulullah Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Rabu, 30 Maret 2022 - 14:49 WIB
loading...
Doa Rasulullah Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Rasulullah SAW mengajarkan doa menyambut bulan suci Ramadhan. Foto/dok SINDOnews
A A A
Bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah tinggal hitungan hari. Maka sambutlah kedatangannya dengan penuh suka cita di antaranya dengan memperbanyak doa dan istighfar.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) ketika menyambut bulan suci Ramadhan beliau memanjatkan doa memohon keselamatan dan keberkahan. Bahkan para sahabat enam bulan sebelum datangnya Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan.



Berikut doa yang diajarkan Rasulullah SAW menyambut bulan suci Ramadhan.

للَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ ، رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahu Akbar! Allahumma ahillahu 'alayna bil-amni wal iimaani wassalaamati wal islaami, Robbii wa Robbukallahu.

Artinya: "Allah Maha Besar, Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (wahai bulan) adalah Allah." (HR At-Tirmidzi 9/142)

Riwayat lain menerangkan dengan redaksi yang hampir sama:

للَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahu Akbar! Allahumma ahillahu 'alayna bil-amni wal iimaani wassalaamati wal islaami, wat-taufiiqi Limaa tuhbbu wa tardho, Robunaa wa Robbukallahu.

Artinya: "Allah Maha Besar, Ya Allah jadikanlah Hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, dan membawa taufik yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah." (HR Ahmad 888, Ad-Darimi 1729, dan dinilai sahih oleh Syua'ib Al-Arnauth dalam Ta'liq Musnad Ahmad, 3/171)

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Allahumma baarik lanaa fii Rajaba wa Sya'baana wa ballignaa Ramadhan.

Artinya: "Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta berkahilah kami di bulan Ramadhan." (HR Ahmad, Al-Baihaqi)

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Allahumma sallimnaa ilaa Romadhona wa Sallimli Romadhona wa tasallimhu minni Mutaqobbala.

Artinya: "Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan." (Lathaif Al-Ma'arif Hal 264)

Demikian kumpulan doa yang dapat kita amalkan menyambut bulan suci Ramadhan. Semoga Allah menyampaikan kita ke bulan Ramadhan dan memberkahi kita di dalamnya.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)