5 Manfaat Mengakhirkan Sahur di Bulan Ramadhan

Kamis, 07 April 2022 - 03:01 WIB
4. Mempersingkat Waktu untuk Menahan Lapar

Salah satu manfaat mengakhirkan sahur dapat mempersingkat waktu menahan lapar ketika berpuasa. Ketika seseorang berpuasa sering kali menyebabkan perut kosong dan badan terasa lemas. Ini dikarenakan tubuh kekurangan nutrisi. Itu sebabnya dianjurkan mengakhirkan sahur agar lebih kuat menahan lapar dan dahaga.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam perspektif kesehatan, mengakhirkan sahur sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Makan sahur akan mencegah tubuh mengalami kelaparan dan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).

Manfaat sahur juga sangat penting menjaga kecukupan cairan tubuh. Jika setiap hari tubuh membutuhkan sekitar 2 liter air, maka mengakhirkan sahur akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita. Makan sahur juga mencegah naiknya asam lambung dan memberi energi untuk beraktivitas ketika menjalankan puasa.

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat isya' dan shalat subuh.  Sekiranya mereka mengetahui pahala yang ada pada keduanya, pasti mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 789)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More