Inilah Doa Para Nabi dan Sahabat pada Waktu Sahur

Kamis, 07 April 2022 - 04:00 WIB
Artinya: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka." (QS Surat Ali Imran ayat 16)

Doa Sahabat Nabi di Waktu Sahur

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan setiap malam Rasulullah SAW selalu melakukan sholat Witir mulai dari awal, pertengahan, dan akhir malam. Dan akhir dari semua witir ialah pada waktu Sahur.

Disebutkan, sahabat Abdullah Ibnu Umar melakukan sholat sunnah di malam hari kemudian bertanya: "Hai Nafi', apakah waktu sahur telah masuk?" Apabila dijawab, "Ya," maka ia mulai berdoa dan memohon ampun hingga waktu Subuh.

Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami ibnu Waki', telah menceritakan kepada kami ayahku, dari Hurayyis ibnu Abu Matar, dari Ibrahim ibnu Hatib, dari ayahnya menceritakan bahwa ia pernah mendengar seorang lelaki di salah satu bagian masjid mengucapkan doa berikut: "Ya Tuhanku, Engkau telah memerintahkan kepadaku, maka aku taati perintah-Mu. Dan inilah waktu sahur, maka berikanlah ampunan bagiku."

Ketika ia melihat lelaki itu, ternyata dia adalah Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu.

Dari Anas bin Malik mengatakan bahwa para sahabat apabila melakukan sholat (sunnah) di malam hari diperintahkan untuk melakukan istighfar pada waktu sahur sebanyak 70 kali.

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati.

(HR. Ibnu Majah No. 4183)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More