Imam Syafi'i Khatam Al-Qur'an 60 Kali Setiap Ramadhan

Minggu, 10 April 2022 - 15:16 WIB
Imam Asy-Syafii (150-204 H), ulama Salaf yang setiap bulan Ramadhan mengkhatamkan Al-Quran 60 kali. Foto/ilustrasi
Imam Asy-Syafi'i (150-204 H) yang berkunyah Abu Abdillah dijuluki An-nashirus sunnah (pembela sunnah). Kecintaannya terhadap Al-Qur'an tak perlu diragukan lagi.

Setiap Ramadhan, Imam asy-Syafi'i mengkhatamkan Al-Qur'an sebanyak 60 kali atau dua kali dalam setiap hari. Begitulah kecintaannya terhadap Kalamullah dan cara beliau memuliakan Ramadhan.



Di luar Ramadhan, Imam Syafi'i biasanya khatam Al-Qur'an sebanyak 30 kali dalam sebulan atau hitungannya setiap hari khatam Al-Qur'an. Demikian juga dilakukan oleh Aswad, Shalih bin Kisan, Sa'id bin Jubair dan masih banyak lainnya.

Sebagian mereka mengkhatamkan Al-Qur'an tiga kali setiap hari, seperti kebiasaan Sulaim bin Atar, seorang Tabi'in yang mashur.



Sebenarnya tidak susah untuk mengkhatamkan Al-Qur'an. Apalagi pada bulan Ramadhan, pintu surga dibuka oleh Allah dan setan dibelenggu. Kemudian, pahala membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan lebih besar dibanding bulan lainnya, lebih-lebih Al-Qur'an sendiri diturunkan pada bulan Ramadhan.

Selain Imam Syafi'i, ulama Salaf bernama Imam Abu Hanifah (80-148 H) pendiri Mazhab Hanafi kelahiran Irak, juga mengkhatamkan Al-Qur'an 2 kali sehari pada bulan Ramadhan. Dikutip dari Kitab Fadhail Qur'an karya Syekh Maulana Zakariyya Al-Kandahlawy menyebutkan bahwa Ulama Tabi'in ini pernah mengkhatamkan Al-Qur'an 61 kali pada bulan Ramadhan.

Yaitu khatam satu kali pada siang hari, satu kali pada malam hari, dan satu kali saat melaksanakan sholat Tarawih. Begitulah mahabbah ulama Salaf terdahulu terhadap Al-Quran dan Ramadhan.

Imam An-Nakho'i berkata: "Puasa 1 hari di bulan Ramadhan itu lebih utama dari pada puasa 1000 hari di selain bulan Ramadhan. Membaca Tasbih 1 kali di bulan Ramadhan lebih baik dari pada membaca Tasbih 1000 kali di selain bulan Ramadhan. 1 rakaat di bulan Ramadhan lebih utama dari pada 1000 rakaat di selain bulan Ramadhan. Berinfaq sedekah di bulan Ramadhan maka pahalanya akan dilipatgandakan sebagaimana berinfak sedekah fisabilillah."

Sebuah hadis menyebutkan: "Jika Al-Qur'an dikhatamkan pada siang hari, maka para Malaikat akan mendoakan (memohon) rahmat baginya pada hari itu. Jika Al-Qur'an dikhatamkan pada malam hari, para Malaikat akan mendoakan rahmat baginya pada malam itu."

Semoga kita termasuk ahli Qur'an yang selalu mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan maupun di luar Ramadhan. Aamiin.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
cover top ayah
وَمَا خَلَقۡتُ الۡجِنَّ وَالۡاِنۡسَ اِلَّا لِيَعۡبُدُوۡنِ
Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

(QS. Az-Zariyat Ayat 56)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More