Doa Khatam Qur'an dan Keutamaannya

Jum'at, 26 Maret 2021 - 11:06 WIB
loading...
Doa Khatam Quran dan Keutamaannya
Anas bin Malik radhiyallahu anhu ketika khatam Al-Quran, beliau mengumpulkan keluarga dan anaknya, lalu Anas berdoa untuk kebaikan mereka. Foto/dok SINDOnews
A A A
Berdoa setelah khatam Qur'an merupakan amalan yang sangat baik dan dianjurkan. Sebelum membaca doa khatam Qur'an ada baiknya mengetahui tata caranya. Dianjurkan untuk terlebih dahulu bersholawat dan membaca pujian-pujian kepada Allah.

Sahabat Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu ketika khatam Al-Qur'an, beliau mengumpulkan keluarga dan anaknya, lalu Anas berdoa untuk kebaikan mereka. Adapun keutamaan mengkhatamkan Al-Qur'an disebutkan dalam hadis berikut:

اِذَا خُتِمَ الْقُرْأٓنُ نَزَلَتِ الرَّحْمَةُ

"Apabila dikhatamkan Al-Qur'an, maka turunlah rahmat Allah". (HR at-Thabrani dan Ibnu Abi Syaibah dari Mujahid)

Dalam hadits riwayat ad-Darimy, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ الْقُرْأٓنَ ثُمَّ دَعَا، أَمَّنَ عَلَى دُعَائِهِ اَرْبَعَةُ اَلَافِ مَلِكٍ

"Barang siapa telah membaca Al-Qur’an (khatam) kemudian dia berdoa, maka ada 4 ribu Malaikat yang mengaminkan doanya." (HR ad-Darimy)

Keistimewaan lain saat khatam Al-Qur'an juga disebutkan dalam hadits riwayat Immam ad-Dailamy. "Apabila seorang hamba telah mengkhatamkan Al-Qur'an, maka akan hadir 60.000 Malaikat yang membacakan istighfar untuknya saat khatam Al-Qur'an tersebut." (HR ad-Dailamy)

Tata Cara Khatam Al-Qur'an:
Setiap kali seseorang selesai membaca dan mengkhatamkan Al-Qur'an, maka dianjurkan memulainya dengan berikut:
1. Memilih waktu untuk mengakhiri bacaan keseluruhan Al-Qur'an pada awal-pagi atau awal-malam.
2. Mengumpulkan anggota keluarga atau sahabat untuk menyaksikan dan mengikuti penutupan bacaan Al-Qur'an.
3. Khatam Al-Qur'an dimulai dengan membaca Surah ad-Dhuha hingga Surah an-Nas dan disambungkan Surah Al-Fatihah dan 5 ayat pertama Surah Al-Baqarah.
4. Setiap surah yang dibaca, diselang dengan lafaz: Laa Ilaha Ilallallahu wallahu Akbar. (Tiada Tuhan yang layak disembah melainkan Allah dan Allah Maha Besar).
5. Menutup bacaan Al-Qur'an dengan doa permohonan untuk kebaikan pembaca dan anggota keluarga maupun kaum muslimin dan muslimat.

Berikut Doa Khatam Qur'an

صَدَقَ اللهُ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ وَبَلَّغَ رَسُوْلُهُ الْحَبِيْبُ الْكَرِيْمُ وَعَلَى مُحَمَّدٍ مِنَّا وَمِنْكُمْ أَفْضَلَ الصَّلَاةِ وَأَزْكَى التَّحِيَّةِ وَالتَّسْلِيْمِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Shodaqallaahul ‘aliyyul ‘adhiimu wa ballagha rasuu luhul habiibul kariimu wa’alaa Muhammadin minnaa wa minkum afdhalush shalaati wa azkat tahiyyati wat tasliimi walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya:
Maha benar Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung, dan Rasul-Nya yang tercinta lagi mulia telah menyampaikan, dan atas nabi Muhammad, dari kami dan dari kamu semua, rahmat yang paling utama, kehormatan dan kesejahteraan yang paling suci, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Doa Singkat
اللَّهُمَّ ارْحَمْنِيْ بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِيْ إِمَاماً وَنُوْراً وَهُدًى وَرَحْمَةً اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِيْ مِنْهُ مَا نَسِيْتُ وَعَلِّمْنِيْ مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِى تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْن

Allhummarhamni bilquran. Waj‘alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa’atrofannahaar waj‘alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Artinya:
Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an yang agung, jadikanlah ia bagiku sebagai panutan, cahaya, dan petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah aku andai aku lupa akan ayat Al-Qu'ran ajarkan aku dari padanya yang belum aku tahu dan anugrahkan kepadaku kesempatan untuk membacanya tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan semesta alam."

Lafaz Doa untuk Jamak:
اللَّهُمَّ ارْحَمْنَا بالقُرْءَانِ وَاجْعَلهُ لَنَا إِمَاماً وَنُوراً وَهُدًى وَرَحْمَةً
اللَّهُمَّ ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَانَسِيْنَا وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَاجَهِلْنَا وَارْزُقْنَا تِلاَوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لَنَا حُجَّةً يَارَبَّ العَالَمِينَ

Allaahummar hamnaa bil qur-aani waj’alhu lanaa imaaman wa nuuran wa hudan wa rahmatan. Allaahumma dzakkirnaa minhu maa nasiinaa wa ‘allimnaa minhu maa jahilnaa, warzuqnaa tilaawatahu aanaa allaili wa athrafan nahaari waj’alhu hujjatan lanaa yaa rabbal ‘aalamiin.

Artinya:
Ya Allah! limpahkanlah kami rahmat berkat Al-Qur’an, dan jadikanlah ia imam, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagi kami. Ya Allah! ingatkanlah kami apa yang kami lupa dari Al-Qur’an, ajarkanlah kami apa yang tak kami ketahui dari Al-Qur’an, berilah kami karunia untuk dapat membacanya malam maupun siang hari, dan jadikanlah ia hujah bagi kami, wahai Pemelihara alam."

Kemudian Membaca Doa Berikut:

اللَّهُمَّ انْفَعْنَا وَارْحَمْنَا وَاسْتُرْنَا وَنَجِّنَا بِحَقِّ الْقُرْأَنِ الْعَظِيْمِ وَيَسِّرْ مَا فِيْهِ يَاكَرِيْمُ وَارْحَمْ مُعَلِّمَنَا وَالْحَاضِرِيْنَ وَارْحَمْ جَمِيْعَ الْمُسْلِمِيْنَ يَاكَرِيْمُ

Allaahumman fa’naa warfa’naa wasturnaa wanajjinaa bihaqqil qur-aanil ‘adhiimi wa yassir maa fiihi yaa kariimu warham mu’allimanaa wal haadhiriina warham jamii’al muslimiina yaa kariim.

Artinya:
Ya Allah! berilah kami manfaat, rahmatilah kami, tinggikanlah derajat kami, tutuplah keaiban kami, dan selamatkanlah kami berkat Al- Qur'an yang agung, dan mudahkanlah apa yang ada di dalamnya. Wahai Dzat yang Maha Mulia, berilah rahmat kepada para guru kami dan semua yang hadir, berilah rahmat kepada semua umat islam.”

اللَّهُمَّ مَغْفِرَتُكَ اَوْسَعُ مِنْ ذُنُوْبِنَا وَرَحْمَتُكَ اَرْجَى عِنْدَنَا مِنْ اَعْمَالِنَا

Allaahumma maghfiratuka au sa’u min dzunuu bbinaa warahmatuka arjaa ‘indanaa min a’maalinaa.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3327 seconds (0.1#10.140)