Keutamaan Surat Al Kahfi di Hari Jumat dan Cara Khatam Dalam Satu Hari

Jum'at, 10 Juni 2022 - 13:20 WIB
Banyak keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat ini, salah satunya akan terhindar dari fitnah dajjal. Foto ilustrasi/ist
Banyak keutamaan Surat Al Kahfi , apalagi membacanya di hari Jumat ini. Surat Al-Kahfi terdapat di akhir juzz 15 dan di awal juzz 16. Surat ini, termasuk dalam golongan surat Makiyyah karena diturunkan di Kota Mekkah. Dalam surat Al-Kahfi terdapat 110 ayat dan merupakan surat ke-18 dari 114 surat dalam Al Qur'an

Dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah, karya Dr Muhammad Bakar Ismail dijelaskan bahwa salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jumat adalah membaca surat Al-Kahfi. Meski boleh dibaca setiap hari, namun dibaca pada malan dan hari Jumat memiliki banyak keutamaan. Dianjurkan bahwa sebaiknya surat Al-Kahfi dibaca saat terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari selanjutnya.



Keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat ini, di antaranya sebagai berikut:

1. Terhindar dari fitnah Dajjal



Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bahkan bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca surat AL-Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja, maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji.

Imam Nawawi juga menjelaskan bahwa pada awal-awal surat Al-Kahfi itu tedapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah. Sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Kahfi ayat 102 berbunyi:

اَفَحَسِبَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡۤا اَنۡ يَّتَّخِذُوۡا عِبَادِىۡ مِنۡ دُوۡنِىۡۤ اَوۡلِيَآءَ‌ ؕ اِنَّاۤ اَعۡتَدۡنَا جَهَـنَّمَ لِلۡكٰفِرِيۡنَ نُزُلًا‏


A fa hasiballaziina kafaruu ay yattakhizu 'ibaadii min dunii auliyaa', innaa a'tadnaa jahannama lil-kaafiriina nuzulaa

Artinya: "Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir."

2. Pengingat manusia akan adanya hari kiamat

Dalam surat Al-Kahfi ayat 47 diingatkan akan datangnya hari kiamat suatu hari nanti.

Wa yauma nusayyirul-jibaala wa taral-arda barizataw wa hasyarnahum fa lam nugaadir min-hum ahadaa

Artinya: "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka."

3. Diridhai oleh Allah

Membaca surat Al Kahfi dapat memudahkan mendapatkan ridho Allah dan mendapatkan cahaya berkah serta menghilangkan penyebab hati gelisah. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Rasullullah SAW bersabda:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi." (HR Ahmad)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Malaikat tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung-patung atau gambar-gambar.

(HR. Muslim No. 3948)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More