5 Keturunan Nabi Muhammad yang Punya Pesantren Besar di Indonesia

Minggu, 28 Agustus 2022 - 15:30 WIB
Pondok Pesantren Darullughah Waddawah (Dalwa) di Desa Raci Bangil, Pasuruan Jawa Timur, memiliki ribuan santri yang berasal dari berbagai daerah. Ponpes ini didirikan ulama keturunan Nabi bernama Habib Hasan bin Ahmad Baharun. Foto/Ist
Berikut ini lima keturunan Nabi Muhammad yang punya pesantren besar di Indonesia. Satu di antaranya pendiri pondok pesantren tertua di Indonesia.

Para keturunan Nabi Muhammad yang biasa dipanggil Habib dan Sayyid ini telah banyak memberi kontribusi positif di Indonesia. Mereka tidak hanya dikenal berdagang, namun juga menyebarkan dakwah Islam dengan damai.

Dakwah mereka yang lembut membuat para Habaib dan Sayyid keturunan Nabi ini mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia termasuk di Pulau Jawa.

Ada yang mendirikan pondok pesantren, majelis ilmu dan sekolah-sekolah Islam. Hingga kini para keturunan Nabi Muhammad di Indonesia terus berkiprah menebarkan dakwah Islam.

Berikut lima keturunan Nabi Muhammad yang punya pesantren besar di Indonesia:



1. Sayyid Sulaiman Basyaiban, Ponpes Sidogiri Jawa Timur



Sayyid Sulaiman Basyaiban (wafat 1766)adalah ulama keturunan Nabi Muhammad pendiri Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur. Beliau lahir di Cirebon dan memiliki nasab tersambung kepada Nabi Muhammad SAW lewat marga Basyaiban.

Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman bin Sayid Umar bin Muhammad bin Abu Bakar Basyaiban mendirikan Pesantren Sidogiri Pasuruan, salah satu pesantren tertua di Indonesia. Ayahnya Sayyid Abdurrahman, seorang perantau dari Tarim Hadhramaut Yaman. Sedangkan ibunya Syarifah Khodijah, adalah putri Sultan Hasanuddin bin Sunan Gunung Jati. Dari garis ibu, Sayyid Sulaiman merupakan cucu Sunan Gunung Jati.

Sayyid Sulaiman membabat tanah Sidogiri yang saat itu masih hutan belantara pada 1158 H atau 1745 M. Sumber lain menyebut Ponpes ini berdiri Tahun 1718. Sayyid Sulaiman mendirikan Ponpes Sidogiri dibantu oleh Kiyai Aminullah, santri sekaligus menantu Sayyid Sulaiman yang berasal dari Pulau Bawean.

Sidogiri dijadikan lokasi pondok pesantren karena diyakini tanahnya baik dan berkah. Pesantren ini sudah banyak melahirkan ulama di antaranya Syaikh Cholil Bangkalan, gurunya para Kiyai di Jawa, KH Miftahul Akhyar, KH Idrus Romli, KH Zubair Muntashor, DR KH Abdul Ghofur dan masih banyak lainnya.

2. Habib Taufiq Assegaf, Ponpes Suniyyah Salafiyah Pasuruan



Keturunan Nabi yang punya pesantren berikutnya adalah Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf. Beliau dikenal sebagai pendiri Pondok Pesantren Suniyyah Salafiyah Kota Pasuruan Jawa Timur.

Habib kelahiran Pasuruan 1969 ini dikenal sebagai ulama kharismatik yang memiliki banyak pengikut. Beliau pernah aktif di Nahdlatul Ulama Jatim sebagai mustasyar (penasihat). Kini dipercaya menjadi Ketua Umum Rabithah Alawiyah, lembaga pencatab nasab para Habaib di Indonesia.

Beliau mendirikan Ponpes Suniyyah Salafiyah Pasuruan pada Tahun 1993. Pesantren ini dikelilingi hamparan persawahan dan pepohonan rindang yang meneduhkan. Pesantren Sunniyah Salafiyah berbasis salaf dengan mengajarkan berbagai disiplin ilmu agama. Pondok ini juga mengadopsi konsep Accelerated Learning (percepatan pembelajaran) dan KBK (kuikulum berbasis kompetensi).

3. Habib Hasan Baharun, Pesantren Dalwa Bangil Jawa Timur



Habib Hasan bin Ahmad Baharun adalah seorang ulama keturunan Nabi Muhammad yang lahir di Sumenep Madura, 11 Juni 1934. Beliau dikenal sebagai pendiri Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah yang di Desa Raci, Bangil, Pasuruan Jawa Timur.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اذۡكُرُوۡا اللّٰهَ ذِكۡرًا كَثِيۡرًا
Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat nama-Nya sebanyak-banyaknya,

(QS. Al-Ahzab Ayat 41)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More