3 Amalan Paling Dicintai Allah, Nomor 2 Pintu Surga Paling Tengah

Selasa, 30 Agustus 2022 - 12:48 WIB
3. Berjihad di Jalan Allah



Amalan berikutnya yang paling dicintai Allah adalah Jihad fii Sabilillah. Rasulullah SAW pernah bersabda: "Wajib atas kalian berjihad di jalan Allah Ta'ala, karena sesungguhnya jihad di jalan Allah itu merupakan salah satu pintu dari pintu-pintu Surga, Allah akan menghilangkan dengannya dari kesedihan dan kesusahan". Sabda Nabi ini sejalan dengan firman Allah: "Berjuanglah kalian di jalan Allah dengan perjuangan yang sebenar-benarnya...." (Surat Al-Hajj ayat 78)

Para ulama mengatakan, menuntut ilmu termasuk bagian dari jihad di jalan Allah. Sebab, agama ini bisa terjaga dengan dua hal yaitu dengan ilmu dan berperang (berjihad) dengan senjata.

Sampai-sampai sebagian ulama berkata: "Sesungguhnya menuntut ilmu lebih utama daripada jihad di jalan Allah dengan pedang." Menunut ilmu yang dimaksud di sini adalah mempelajari Al-Qur'an dan As-Sunnah setrta ilmu yang bermanfaat lainnya.

Demikian tiga amalan paling dicintai Allah. Semoga kita diberi taufik agar dimudahkan mengamalkannya.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Allah 'azza wajalla telah berfirman: Setiap amal anak Adam adalah teruntuk baginya kecuali puasa. Puasa itu adalah bagi-Ku, dan Akulah yang akan memberinya pahala.  Dan puasa itu adalah perisai. Apabila kamu puasa, maka janganlah kamu merusak puasamu dengan rafats, dan jangan pula menghina orang. Apabila kamu dihina orang atau pun diserang, maka katakanlah, 'Sesungguhnya saya sedang berpuasa.'  Demi Allah, yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya. Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat kelak daripada wanginya kesturi. Dan bagi mereka yang berpuasa ada dua kebahagiaan. Ia merasa senang saat berbuka lantaran puasanya, dan senang pula saat berjumpa dengan Rabbnya juga karena puasanya.

(HR. Muslim No. 1944)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More