Ciri dan Sifat Ya'juj dan Ma'juj dan Kemunculannya Jelang Kiamat

Rabu, 07 September 2022 - 23:48 WIB
atsar yang menyebutkan bahwa tinggi mereka satu jengkal dan dua jengkal, dan paling tinggi dari mereka adalah tiga jengkal.

Kapan Ya'juj dan Ma'juj muncul? Tak seorang pun yang dapat mengetahui kapan mereka muncul. Hanya saja dalam Hadis disebutkan, Ya'juj dan Ma'juj akan keluar dari tembok yang dibangun oleh Dzulqarnain menjelang Hari Kiamat.

Jika merujuk keterangan hadis tanda-tanda Kiamat yang diriwayatkan Imam Muslim, sebelum Ya'juj dan Ma'juj keluar maka akan didahului turunnya Dajjal si pembawa fitnah besar. Ya'juj dan Ma'juj ini kelak akan dibinasakan Allah setelah Nabi Isa berdoa kepada Allah.

Saat ini Ya'juj dan Ma'juj masih terkunci dalam dinding yang dibangun oleh Raja Dzulqarnain sebagaimana dikisahkan dalam Al-Qur'an Surat Al-Kahfi. Adapun lokasi dinding atau tembok Ya'juj dan Ma'juj tidak diketahui secara pasti. Ada yang menyebut berada di belakang pegunungan Qoqaz (Kaukasus).

Ada yang menduga tembok itu telah tenggelam dan saat ini berada di Azerbaijan dan Armenia. Menurut Al-Lajnah Ad-Da'imah, mereka tinggal di benua Asia bagian utara Cina. Abdullah Yusuf Ali dalam tafsir "The Holy Qur'an" menuliskan bahwa di distrik Hissar, Uzbekistan, 240 Km di sebelah tenggara Bukhara, ada celah sempit di antara gunung-gunung batu. Letaknya di jalur utama antara Turkestan ke India. Wallahu A'lam!

Baca Juga: Siapakah Ya'juj dan Ma'juj dan Bagaimana Cirinya?
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Jauhilah prasangka buruk, karena prasangka buruk adalah ucapan yang paling dusta, janganlah kalian saling mendiamkan, janganlah suka mencari-cari isu, saling mendengki, saling membelakangi, serta saling membenci. Tetapi, jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara.

(HR. Bukhari No. 5604)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More