Al-Biruni, Ilmuwan Muslim Berotak Jenius yang Dikagumi Dunia Barat

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 14:37 WIB
Bidang Filsafat

Dalam bidang ilmu filsafat, Al-Biruni punya beberapa karya ternama di antaranya Kitab Al-As'ilah wa Al-Ajwibah. Dalam kitab ini ia bukan hanya menegaskan teorinya atau menjelaskan dan menguraikan pendapat-pendapat para filsuf yang sudah ada. Namun ia juga mengoreksi hal-hal yang menurutnya perlu diluruskan, seperti yang ia tujukan kepada filsuf besar pada masa itu, Ibnu Sina.

Bidang Antropologi dan Sosiologi

Dalam bidang antropologi dan ilmu sosiologi, ia punya karya Athar al-Baqqiya 'an al-Qorun al-Khaliyya (kronologi bangsa-bangsa Kuno). Buku ini mencatat masa awal peradaban manusia, periode banjir besar, hingga era Nebukadnezar, Aleksander Agung, dan zaman setelahnya.

Kitab ini juga memaparkan rincian sejarah politik, pengetahuan, kiprah para penguasa, perkembangan budaya, hingga sistem hukum pada masa itu, lengkap dengan disertai ilustrasi peristiwa.

Bidang Mineralogi

Dalam bidang Mineralogi juga tak luput diobok-obok oleh Al-Biruni lewat karyanya Al-Jamahir Fi Ma'rifat Al-Jawahir (lengkap memahami batu permata). Ia menjelaskan metode pengukuran berat, volume, gaya berat, dan warna untuk menentukan keaslian berbagai jenis batu dan logam mulia, seperti emas, perak, perunggu, batu ruby, batu zamrud, batu lapis jazuli, tembaga, besi, dan lainnya.

"Begitulah sejarah kebesaran ilmu dari peradaban kaum muslimin di masa lalu. Saat umat masih lekat dengan kitab petunjuk dan juga akrab dengan sosok teladannya," kata Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
وَّاَنَّا مِنَّا الصّٰلِحُوۡنَ وَمِنَّا دُوۡنَ ذٰلِكَ‌ؕ كُنَّا طَرَآٮِٕقَ قِدَدًا
Dan sesungguhnya di antara kami (jin) ada yang shalih dan ada (pula) kebalikannya. Kami menempuh jalan yang berbeda-beda.

(QS. Al-Jinn Ayat 11)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More