Tafsir Surat Al-Mulk Ayat 3: Penciptaan 7 Langit yang Sempurna Tanpa Penyangga

Kamis, 03 November 2022 - 22:20 WIB
Kemudian seolah-olah Allah melanjutkan pertanyaan-Nya kepada manusia apakah mereka masih ragu tentang kekuasaan dan kebesaran-Nya? Apakah manusia masih ragu tentang sistem, hukum, dan peraturan yang dibuat untuk makhluk-Nya, termasuk di dalamnya mereka sendiri?

Jika masih ragu, manusia diperintahkan untuk memperhatikan dan merenungkan kembali dengan sebenar-benarnya. Apakah mereka masih mendapatkan ciptaan Allah itu sesuatu yang tidak sempurna?

Seandainya ada kekurangan, cacat, dan cela dalam ciptaan Allah, maka manusia pantas mengingkari kekuasaan-Nya. Akan tetapi, mereka kagum dan mengakui kesempurnaan ciptaan Allah, bahkan manusia mengakui kelemahan mereka.

Keingkaran manusia bukanlah karena ketidakpercayaan mereka kepada Allah, tetapi semata-mata karena kesombongan dan keangkuhan mereka semata. Demikian tafsir Surat Al-Mulk ayat 3 tentang kekuasan-Nya menciptakan langit dan alam raya. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

Baca Juga: Langit dan Bumi Diciptakan dalam 6 Masa, Ini Penjelasan Al-Qur'an dan Sains
(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya para pelukis pada hari kiamat akan disiksa. Dikatakan kepada mereka, Hidupkanlah apa yang telah engkau ciptakan.

(HR. Ibnu Majah No. 2142)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More